:
:
News
Forum Muslim Eropa Bahas Rencana Pembangunan Masjid Agung di Barcelona

gomuslim.co.id - Forum Muslim Eropa mengumumkan rencana untuk pembangunan sebuah masjid besar di kota terbesar Catalonia, Barcelona. Rencana proyek terobosan baru tersebut terungkap dalam pertemuan para pemimpin Muslim Eropa yang berkumpul di Barcelona baru-baru ini.  

"Pertama kalinya dalam sejarah Eropa bahwa Muslim di Benua Biru telah datang dengan inisiatif ambisius untuk menyatukan upaya mereka dalam memecahkan masalah komunitas Muslim Eropa serta komunitas Eropa yang lebih luas," tulis EMF di laman Facebooknya.

Presiden Forum Muslim Eropa, Malik Abderrahman Ruiz, menyesalkan bahwa Barcelona, kota dengan komunitas Muslim terbesar di Spanyol, tidak memiliki masjid besar. “Itulah mengapa perlu melaksanakan proyek berskala besar ini,” ujarnya seperti dilansir dari publikasi Voice of Europe, Jumat (12/10/2018)

Pada kesempatan yang sama, Presiden Badan Publik Dewan Mufti Rusia, Abdul Vakhed Niyazov menambahkan bahwa Barcelona adalah kota besar dengan populasi Muslim besar. Pembangunan masjid besar ini tidak hanya sekadar untuk beribadah, tetapi sekaligus menjadi simbol dan keindahan.

Seiring dengan rencana untuk masjid baru, pertemuan tersebut juga membahas promosi kehadiran Muslim dalam budaya, ekonomi, politik, dan institusi. Barcelona akan menjadi markas biro ini karena telah dianggap sebagai tempat yang ideal sejak Catalonia memiliki hampir 25% dari seluruh penduduk Muslim Spanyol.

Biro ini juga akan didedikasikan untuk mempromosikan kegiatan budaya, mempromosikan hubungan dengan institusi dan menumbuhkan aksi sosial, terutama demi imigran. Peningkatan peran Muslim dalam kehidupan publik, budaya dan ekonomi Eropa, penting untuk mengaktifkan dan mengkoordinasikan upaya perwakilan dari pembentukan Muslim Eropa.

“Forum yang baru dibentuk ini dimaksudkan untuk menjadi semacam jembatan antara pendirian Muslim dan elit benua Eropa; antara komunitas Muslim dan perwakilan dari kepercayaan lain, serta komunitas luas orang-orang Eropa; antara dunia Muslim dan struktur politik internasional, pan-Eropa dan nasional di kawasan ini,” kata EMF.

Forum Muslim Eropa berencana membuka kantornya di ibu kota Eropa seperti London, Brussels, Moskow, Istanbul, Barcelona, dan lain-lain. Forum ini akan memiliki dewan Kehormatan, di mana para pemimpin Muslim dunia yang paling berpengaruh dan berwenang akan diundang. Juga, akan ada dewan Pengetahuan yang terdiri dari Mufti, Imam, sarjana Muslim, dan pemikir.

Menurut Persatuan Komunitas Islam (UCIDE), Muslim membentuk 3,8 persen penduduk Spanyol, 40 persen adalah Spanyol dan sisanya 60 persen adalah imigran. Muslim di Spanyol sebagian besar berasal dari Maroko meskipun ada kehadiran signifikan orang Pakistan dan Muslim Senegal di kota-kota seperti Barcelona, Valencia, dan Logrono. (njs/voiceofeurope/aboutislam)

Responsive image
Other Article
Responsive image