:
:
News
Gelar Open Mosque Day, Komunitas Muslim Jerman Ajak Ribuan Pengunjung ke 900 Masjid 

gomuslim.co.id- Banyak cara dilakukan untuk mengenalkan Islam kepada masyarakat. Salah satunya seperti yang dilakukan Dewan Koordinasi Muslim Jerman (KRM) baru-baru ini. Dewan tersebut menggelar acara tahunan bertajuk “Open Mosque Day” pada Rabu (3/10/2018).

Menurut juru bicara KRM, Burhan Kesici, acara itu diselenggarakan guna memberikan kesempatan kepada umat non-Muslim berkunjung ke masjid-masjid agar mereka lebih memahami nilai-nilai dan ajaran Islam.

Open Mosque Day diikuti hampir 900 masjid di Jerman. “Hari ini memberikan kesempatan bagi lebih dari 100 ribu pengunjung (non-Muslim) untuk belajar lebih banyak tentang Islam dan melakukan percakapan dengan Muslim,” ujarnya seperti dilansir dari publikasi Anadolu Agency.

Di Cologne, ratusan pengunjung datang untuk melihat Masjid Pusat Cologne. Masjid itu merupakan salah satu masjid yang paling besar di Jerman. Pengelola masjid adalah Persatuan Islam Tukri untuk Urusan Agama (DTIB).

Selama acara berlangsung, para imam di masing-masing masjid membuat presentasi tentang iman dan budaya Islam. Diskusi mengalir karena para pengunjung pun diberi kesempatan untuk menanyakan hal-hal tentang Islam yang belum mereka pahami.

Setiap tahun pada tanggal 3 Oktober, komunitas Muslim di Jerman mengundang pengunjung dari berbagai agama untuk Open Mosque Day. Kegiatan dimaksudkan untuk menekankan sejauh mana umat Islam menjadi bagian dari persatuan Jerman.

"Dengan membuka pintu kami untuk publik, kami ingin menunjukkan bahwa kami transparan, kami terbuka untuk berdialog, dan kami juga bagian dari masyarakat ini," jelas Kesici.

Ia menyebut ketika seseoang kurang tahu tentang sesuatu, maka mereka memiliki lebih banyak kekhawatiran dan ketakutan tentang hal itu. “Ketakutan semacam itu dapat dimanfaatkan oleh orang lain dengan niat buruk. Memiliki lebih banyak transparansi, meningkatkan dialog dan komunikasi adalah penangkal ini,” lanjutnya.

Populasi penduduk Jerman lebih dari 81 juta orang. Sebanyak 4,7 juta di antaranya beragama Islam. Hal itu menjadikan Jerman sebagai negara kedua di Eropa Barat yang memiliki populasi Muslim terbesar setelah Prancis.

Dalam beberapa tahun terakhir, Jerman menghadapi fenomena islamofobia dan kebencian terhadap imigran. Hal itu tak bisa dilepaskan dari propaganda yang digaungkan oleh partai-partai sayap kanan dan populis. (njs/aa/aboutislam)

Responsive image
Other Article
Responsive image