:
:
News
Ini Lima Reformasi MTQ Nasional 2018

gomuslim.co.id- Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) tingkat nasional ke-27 akan digelar di Medan dan Deli Serdang pada 4 hingga 13 Oktober 2018. Sampai saat ini, persiapan yang dilakukan Direktorat Penerangan Agama Islam Ditjen Bimas Islam Kementerian Agama (Kemenag) sudah mencapai 90 persen.

Direktur Penerangan Agama Islam Kemenag, Khoiruddin mengatakan sudah menyiapkan 12 mimbar untuk dijadikan arena lomba bagi 1.555 peserta MTQ Nasional ke-27.

"Persiapan MTQ sudah mencapai 90 persen di setiap mimbar," katanya Khoiruddin, Selasa (02/10/2018).

Dalam event besar para pecinta Alquran ini, nantinya juga akan digelar berbagai kegiatan, seperti seminar, parade 1.000 hafidz, malam ta'aruf, pameran, pawai ta'aruf, dan peluncuran buku.

Kemudian, lanjutnya, para peserta yang menang lomba nantinya akan dikirim ke luar negeri untuk mengikuti MTQ tingkat internasional.

"Nanti para juara ini tidak menutup kemungkinan akan dikirim ke luar negeri untuk mengikuti musabaqah internasional. Jadi ini sekaligus penyeleksian," ucap Khoiruddin.

MTQ kali ini telah melakukan terobosan untuk meningkatkan kualitas qori'-qoriah dan hafidz-hafidzah. Setidaknya ada lima reformasi yang dilakukan Kemenag pada pergelaran MTQ Nasional tahun ini.

Kelimanya, yaitu diterbitkannya Peraturan Menteri Agama (PMA) tentang Seleksi Tilwatil Qura'n (STQ) dan MTQ, menyediakan alat fingerprint, menyediakan aplikasi e-Maqra, menyediakan aplikasi Musabaqah, dan memberikan layanan publik.

“Tujuannya agar MTQ ini lebih transparan sehingga penilaiannya pun dapat diketahui masyarakat," pungkas Khoiruddin. (nat/dbs/foto:nahdlatulwathan)

 

Responsive image
Other Article
gomuslim
Get it on the play store