:
:
News
Kemenag Latih Generasi Milenial Berwirausaha

gomuslim.co.id- Persaingan di bidang kerja kian ketat, karena itu, generasi muda didorong untuk menjadi generasi milenial yang berwirausaha. Kementerian Agama (Kemenag) melalui Direktorat Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam (PTKI) Ditjen Pendidikan Islam terus mendorong mahasiswa untuk menjadi pengusaha.

Kepala Subdit Sarana Prasarana dan Kemahasiswaan, Syafriansah mewakili Direktur PTKI mengatakan saat ini memasuki revolusi industri tahap keempat yang sering disebut sebagai industri 4,0. Industri 4,0 melahirkan sebuah era yang ditandai dengan disrupsi teknologi. Sehingga menghasilkan model bisnis baru yang inovatif dan progresif.

"Industri 4,0 telah membawa perubahan hampir di semua lini kehidupan, yakni dunia bisnis, perbankan, transportasi, sosial masyarakat hingga pendidikan," ujar Syafriansah melalui, Jumat (14/09/2018).

Dia menambahkan, di era industri 4,0 peluang dan tantangan sangat jauh berbeda dengan beberapa tahun yang lalu. Media sosial menjadi piranti yang sangat penting dalam berbisnis atau bewirausaha. Generasi milenial atau generasi Y yang lahir pada tahun 1980 sampai 2000 berpotensi mampu memanfaatkan media sosial.

Berangkat dari hal tersebut, Kemenag menggelar Workshop Kewirausahaan Mahasiswa PTKI pada 12 hingga 14 September 2018 di Surakarta. Kegiatan itu diikuti oleh 30 mahasiswa yang berasal dari perwakilan PTKI se-Indonesia. Tujuannya agara mahasiswa PTKI memiliki kemampuan berwirausaha.

Kepala Seksi Kemahasiswaan Kementerian Agama RI, Ruchman Basori menyampaikan Kemenag sangat berkepentingan agar mahasiswa PTKI bisa mengembangkan kemauan berwirausaha. Karena itu mahasiswa perlu ditingkatkan wawasan dan pengetahuannya tentang kewirausahaan.

"Di era milenial seperti sekarang ini, mahasiswa PTKI dituntut mempunyai kesadaran tentang bagaimana mengembangkan kewirausahaan yang diimbangi dengan ketrampilan mengelola media sosial," ujarnya.

Dengan adanya ketrampilan generasi milenial dalam menggunakan media sosial, menjadi potensi besar dalam memulai dunia usaha. Berdasarkan data tahun 2016 hingga 2017, mahasiswa PTKI yang termasuk golongan generasi milenial berjumlah 802.637. Mereka tersebar di 744 PTKI Negeri dan Swasta. (nat/republika/dbs/foto:muslimobsession)

 

Responsive image
Other Article