:
:
News
Hadapi Cuaca Ekstrem, Ini Imbauan Tim Promotif Preventif untuk Jemaah Haji Indonesia 

gomuslim.co.id- Pelaksanaan ibadah haji tahun ini berbarengan dengan cuaca panas yang cukup ekstrem. Untuk itu, petugas haji Indonesia mengimbau kepada Jemaah untuk menggunakan Alat Pelindung Diri (APD) selama menjalankan ibadah. Hal demikian disampaikan Tim Promotif Preventif (TPP) saat memberikan penyuluhan tentang pentingnya menggunakan APD bagi Jemaah, Selasa (07/08/2018).

Menurut Linda Sunarsih dari TPP, pemerintah sudah memberikan APD, baik sejak di embarkasi maupun di Tanah Suci. "Mohon dipakai, jangan disimpan untuk oleh-oleh. APD ini Insyaa Allah dapat membantu kita terhindar dari masalah kesehatan yang biasa dialami oleh jamaah haji," ujarnya dalam keterangan tertulis, Rabu (8/8/2018).

Sebelumnya, Kementerian Kesehatan telah menyiapkan 20.400 sandal, masker dan semprotan air sebagai APD yang dapat diberikan situasional. Misalnya bila masker jamaah habis, semprotan airnya rusak atau sendalnya hilang, jamaah bisa mendapatkannya melalui Tenaga Kesehatan Haji Indonesia (THKI) di tiap kloter. "Bila ada semprotan yang rusak atau sendalnya hilang, jamaah bisa bilang ke TKHI. Nanti kami siapkan," tutur Linda.

Ia mengingatkan agar jamaah banyak minum untuk mencegah dehidrasi yang dapat menyebabkan badan jadi lemah hingga pingsan. Selain menganjurkan minum, jamaah juga diajarkan membuat cairan elektrolit dengan menggunakan oralit yang sudah diberikan di embarkasi.

“Campurkan setengah bungkus oralit dengan 600 mililiter air minum. Boleh diminum saat menjelang Armina nanti. Jamaah akan lebih segar, karena cairan elektrolit ini lebih lama tersimpan di badan kita,” ungkapnya.

Pada kesempatan tersebut, jamaah juga diinformasikan tentang penularan Mers-CoV yang sampai saat ini belum ada vaksinnya. Linda mengimbau kepada jamaah untuk tidak berdekatan maupun swafoto dengan unta. Sebab, unta merupakan salah satu hewan yang dikatakan dapat menularkan Mers-CoV.

Salah satu Ketua Rombongan dari Kloter JKG 32, Sugiyono, mengungkapkan terima kasihnya kepada tim kesehatan yang melakukan penyuluhan. Ia dan teman-temannya merasakan manfaat dari penyuluhan ini sejak di Madinah karena pesannya sederhana dan mudah dipahami. "Mudah-mudahan bisa dilaksanakan oleh jamaah dengan sebaik-baiknya sehingga kita menjadi haji yang sehat dan mabrur mabruroh," katanya. (njs/ihram/rilis/foto:menara62)

Responsive image
Other Article
Responsive image
gomuslim
Get it on the play store