:
:
News
Pemerintah Gorontalo Kampanye Gerakan Masyarakat Hidup Sehat di Masjid Setiap Jumat

gomuslim.co.id- Ada cara unik yang dilakukan pemerintah kabupaten Gorontalo dalam  mengkampanyekan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) kepada masyarakat. Melalui Dinas Kesehatan Gorontalo, pemerintah setempat melakukan kampanye atau Syiar Germas ini di Masjid setiap minggunya.

Hal tersebut dilakukan mengingat jumlah masjid di Gorontalo lebih banyak dibanding puskesmas. Menurut Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Gorontalo Roni Sampir, kampanye Germas dilaksanakan di masjid setiap Jumat.

Ia menjelaskan, program tersebut mengutamakan aktivitas fisik, makan buah, sayur, dan ikan, serta cek kesehatan berkala. “Memang program Germas sudah dicanangkan oleh Kemenkes, tapi kami sengaja melakukan Syiar Germas karena pelayanan kesehatan bukan saja di sarana kesehatan, masjid itu perlu juga,” ujarnya baru-baru ini.

Roni menambahkan jumlah masjid di Kabupaten Gorontalo adalah 900, angka ini melebihi jumlah Puskesmas yang tersedia. Karena itu, dirinya bersama jajaran Dinas Kesehatan Kabupaten Gorontalo menginisiasi Syiar Germas. Sehingga sosialisasi Germas ini bisa mencakup target yang lebih luas.

"Di Masjid masyarakat tidak perlu diundang, mereka memang sudah terkumpul setiap Jumat, maka disitulah kita melakukan pelayanan kesehatan,” terang Roni.

Syiar Germas merupakan program Dinkes Kabupaten Gorontalo berdasarkan penandatanganan MoU dengan Majelis Dakwah Islamiyah. Pelaksanaanya, warga melakukan senam dilanjutkan dengan cek kesehatan. Setelah itu, saat mendekati waktu Jumatan akan dilakukan penyuluhan kesehatan.

“Dengan program ini kita bisa mendapatkan secepat mungkin masyarakat yang mengidap penyakit seperti hipertensi. Karena orang kalau ada gejala tidak akan berobat, tapi tau-tau diukur sudah tinggi,” pungkasnya.

Dia menegaskan masalah kesehatan bukan hanya tugas di sektor kesehatan, tapi melibatkan sektor lain termasuk kelompok masyarakat. Jadi, lanjut Roni, Syiar Germas ini merupakan wujud bahwa kesehatan harus diupayakan oleh setiap individu.

Sekadar informasi, Germas merupakan program yang diinisiasi oleh Kementerian Kesehatan RI. Program ini dijalankan sesuai Instruksi Presiden nomor 1 tahun 2017 di mana Presiden meminta masyarakat melaksanakan Germas. (njs/tribun/idmtimes/foto:otonominews)

 

Responsive image
Other Article
Responsive image
gomuslim
Get it on the play store