:
:
News
Hadapi Cuaca Panas di Arab Saudi, Jemaah Haji Diimbau untuk Banyak Minum Air Putih

gomuslim.co.id- Jemaah haji Indonesia dihimbau untuk memperbanyak minum air mineral guna menjaga cairan tubuh agar tidak lemas selama menjalankan ibadah di Tanah Suci. Hal demikian mengingat cuaca di Arab Saudi yang saat ini sangat panas bahkan bisa menyentuh 45 hingga 50 derajat Celcius.

Imbauan disampaikan Kepala Bidang Penyelenggara Haji dan Umrah Kanwil Kemenag Jawa Timur Faridul Ilmi. "Kabar terakhir cuaca di sana (Arab Saudi) sedang panas. Karena biasanya kalau bertepatan dengan Juni, Juli, hingga Agustus di sana biasanya musim panas. Suhunya bisa mencapai antara 45-50 derajat celcius," katanya, Senin (16/7/2018).

Ia juga mengimbau jemaah calon haji agar mengenakan payung saat akan keluar, untuk beribadah dan lain sebagainya. "Kami mengimbau calon jemaah haji ini banyak minum air putih. Haus nggak haus banyak minum supaya cairan tubuh tetap terjaga. Kemudian kalau keluar mau beribadah itu diusahakan memakai payung," katanya.

Demi menjaga kelancaran proses ibadah haji, ia meminta kepada setiap jemaah dalam satu kloter bisa saling memperhatikan jemaah lainnya, terutama yang sudah lansia. Artinya, jemaah yang lebih muda diimbau bisa membantu saat jemaah yang sudah lansia kesusahan meskipun dalam setiap kloter memang sudah ada tiga orang tim kesehatan yang bertugas membantu setiap jemaah.

Bahkan, untuk lebih menjamin kesehatan jemaah, tahun ini juga untuk pertama kalinya dibentuk tim Pertolongan Pertama pada Jemaah Haji (P3JH). Nantinya tim ini akan berjaga di tempat-tempat yang padat.

"Ini nanti ikut membantu kesehatan di lingkungan-lingkungan yang padat, yang sekiranya banyak berkumpul seperti di tempat melempar jumrah, Arafah, Muzdalifah, dan sebagainya. Makanya yang direkrut dari tenaga medis yang memenuhi syarat, yang usianya masih muda," tutupnya. (njs/ihram/foto:epic)

Responsive image
Other Article
Responsive image