:
:
News
Jadi Pro Kontra, Ini Kata Menteri di Jerman Soal Burkini

gomuslim.co.id- Pro dan kontra mengenai burkini (pakaian renang yang menutupi seluruh badan) bagi Muslimah di Jerman membuat Menteri Keluarga, Pensiunan, dan Pemuda Jerman Franziska Giffey mengatakan tidak keberatan dengan sekolah yang mengizinkan burkini untuk pelajaran renang yang dianggap kontroversial itu.

"Yang paling penting adalah kesejahteraan anak-anak dan itu termasuk bisa berenang," kata Giffey seperti yang dilansir dari publikasi Euronews, Rabu (27/06/2018).

Menteri yang berasal dari Sosial Demokrat itu mengatakan dibenarkan bagi sekolah-sekolah untuk tidak hanya mengizinkan pakaian renang tersebut untuk dikenakan siswa, tetapi juga memberikannya kepada siswa. Sehingga, mereka dapat berpartisipasi dalam kelas-kelas berenang.

Namun, pernyataan Giffey itu menuai kritik di media sosial yang datang dari tokoh-tokoh seperti feminis Muslim dan pengacara Seyran Ates.

"Tidak, mereka tidak mengacu pada menteri yang mengatakan bahwa burkini dapat diterima. Dan sebagian besar dunia yang tercerahkan merindukan saat ketika pendapat ini dilarang dari proses politik," pungkas Ates.

Selain itu, Menteri Pertanian Julia Klockner, mengatakan burkini menyebarkan pemahaman misoginis di tempat di mana anak-anak dan remaja seharusnya belajar yang sebaliknya.

Meski demikian, perdebatan itu bukan hal baru. Pekan lalu, sebuah sekolah di Herne, sebuah kota di North Rhine-Westphalia, memunculkan kegemparan setelah sekolah tersebut membeli burkini. Sehingga, gadis-gadis Muslim dapat berpartisipasi dalam pelajaran berenang. Gadis-gadis itu menolak melakukannya karena alasan agama.

Serikat pendidikan lokal memuji keputusan itu sebagai solusi pragmatis dan pemerintah distrik juga mendukung keputusan sekolah. (nat/euronews/dbs/foto:politicoeurope)

 

Responsive image
Other Article
Responsive image