:
:
News
Kemenkes Segera Bahas Kelanjutan Proses Sertifikasi Halal Vaksin Bersama Bio Farma

gomuslim.co.id- Kehalalan sebuah produk merupakan hal utama bagi umat Islam. Bukan hanya terkait makanan dan minuman, tetapi juga obat-obatan yang dalam hal ini temasuk vaksin. Baru-baru ini, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) mengumumkan akan membahas kelanjutan proses sertifikasi halal dengan Bio Farma, penghasil vaksin dari Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

Hal ini disampaikan langsung Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kemenkes Anung Sugihantono. Ia menyebut, pembahasan terkait sertifikasi halal vaksin itu akan dilakukan setelah pemilihan umum kepala daerah (pilkada) serentak tanggal 27 Juni 2018 mendatang.

“Proses sertifikasi halal vaksin sedang dilakukan Bio Farma. Untuk itu, Kemenkes berencana meminta kejelasan proses yang sudah dilakukan oleh Bio Farma sebagai pembuat vaksin. Saya minta tahapannya sekarang sudah sampai di langkah mana dibandingkan dengan periode yang kemarin, karena kalau bicara proses kan ada tahap-tahap," ujarnya, Jumat (22/6/2018).

Menurut Anung, sebelumnya pihak Bio Farma pernah mengajak rapat bersama sebelum lebaran beberapa waktu lalu. Namun demikian pihak kemenkes berhalangan hadir karena agenda lain dengan dewan perwakilan rakyat (DPR).

“Saya berharap pekan depan kami sudah mendapatkan sedikit kejelasan kelanjutan proses sertifikasi vaksin tersebut. Tetapi kami tidak terlalu memaksakan (pertemuan) pada saat ini karena tanggal 27 Juni 2018 besok ada pencoblosan pilkada serentak," katanya.

Anung menegaskan pembahasan ini penting karena Kemenkes tidak ingin sosialisasi maupun edukasi mengenai vaksinasi halal nantinya bisa dikaitkan dengan pasangan calon tertentu. Kemudian pada Juli 2018 akan dievaluasi mengenai vaksinasi tersebut dan persiapan pelaksanaannya.

“Kami berharap pekan depan usai pilkada tidak terjadi apa-apa di luar ranah hukum. Kemudian masyarakat bisa didorong untuk mau mendapatkan vaksin Measles dan Rubella (MR) yang akan dilakukan dalam waktu dekat,” tutupnya. (njs/rep/foto:klikdokter)

Responsive image
Other Article
Responsive image