:
:
News
Jadwal Penerbangan Kian Sibuk, Ini Prediksi Tanggal Puncak Arus Balik Mudik Kedua

gomuslim.co.id- Arus balik mudik diprediksi Kementerian Perhubungan akan mengalami puncak kedua pada Minggu (24/06/2018). Arus balik libur lebaran akan meningkat karena Senin (25/06/2018) merupakan waktu kembali ke sekolah bagi para pelajar.

Dirjen Perhubungan Udara Agus Santoso mengatakan selama puncak mudik Lebaran yaitu pada hari H-2, terdapat 7.511 penumpang yang dilayani di Bandara Adi Soemarmo. Sementara, pada puncak arus balik pertama pada H+3, terdapat 7.610 penumpang yang dilayani.

“Rute gemuk selama Lebaran dari dan ke Solo berasal dari Jakarta, Palangkaraya, Palembang, dan Bali,” tutur Agus. 

Sementara, untuk Bandara Adi Soemarmo, setiap hari terdapat antara 76 hingga 81 penerbangan datang dan pergi selama arus mudik dan arus balik Lebaran tahun ini. Jumlah itu meningkat dibandingkan hari biasa yang berjumlah 66 penerbangan datang dan pergi.

Bandara di Solo dan Yogyakarta bersama dengan bandara di Semarang dan Surabaya merupakan bandara yang tersibuk untuk kedatangan arus mudik dan melayani arus balik Lebaran 2018.

“Alhamdulillah, seperti juga di Jogja, kondisi arus balik di Bandara Solo ini juga lancar, aman dan terkendali, sungguhpun penumpang relatif banyak. Maklum besok mulai bekerja lagi," sambung Agus.

Meski penumpang membludak tapi pergerakan penumpang relatif lancar karena penerbangan tersedia dengan baik, fasilitas terminal bagus, dan keamanan terjaga. Bahkan, parking stand untuk pesawat sudah ditambah dari 10 menjadi 15 untuk pesawat narrow body sekelas Boeing 737 dan Airbus 320.

Untuk menanggulangi hal itu, pengelola bandara menyediakan lokasi parkir mobil tambahan. Arus keluar-masuk penumpang juga direkayasa sedemikian rupa sehingga lebih efisien.

"Saya melihat aturan selama Lebaran yang kami tetapkan sudah diimplementasikan dalam standar prosedur operasi dan dilaksanakan dengan baik. Sehingga mulai dari arus mudik hingga puncak arus balik hari ini semua penerbangannya berjalan dengan selamat, aman dan nyaman," jelas dia. (nat/dbs/foto:antara)

Responsive image
Other Article