:
:
News
10 Syawal Jadi Hari Bebas Menyetir bagi Perempuan Arab Saudi 

gomuslim.co.id- Tanggal 10 bulan Syawal akan menjadi hari bersejarah bagi perempuan di Arab Saudi. Mulai saat itu mereka akan diizinkan untuk mengemudi.

Seperti yang dilansir dari publikasi Saudigazette, Senin, (18/06/2018), bagi perempuan Saudi tanggal itu akan menandai berakhirnya era mengemudi dalam ketakutan dan kerahasiaan di daerah pedesaan yang jauh dari jalan raya. Dan mulai tanggal 10 Syawal mereka akan mengemudi di jalan kota tanpa rasa cemas.

Seorang perempuan Saudi, yang tidak mau menyebutkan namanya mengatakan bahwa dia telah mengemudi ketika dia berusia 16 tahun, tetapi selama ini dia hanya duduk di belakang kemudi.

“Saya mengemudi jika mobil itu jauh dari kota dan jauh dari mata polisi. Bahkan, ketika saya menjadi tua, saya menjadi satu-satunya yang bisa mengemudi,” tuturnya.

Selama ini, ia bertugas untuk membawa orang tuanya ke rumah sakit, pusat kesehatan dan ke departemen asuransi sosial. Anak-anaknya yang lebih muda juga bergantung padanya untuk mengantarkan mereka ke sekolah setiap hari.

“Saya bangga karena saya mengendarai mobil dan melaksanakan tugas saya terhadap keluarga, melayani orang tua saya dan membantu anak-anak saya untuk mendapatkan pendidikan mereka,” tambahnya.

Tak hanya dia, seorang perempuan tua lainnya yang telah mengemudi di sebuah desa di selatan Arab Saudi, mengatakan setiap kali departemen lalu lintas menghentikannya di jalan, ia akan bertanya siapa yang akan mengangkut orang tuanya ke rumah sakit atau mengantarnya ke pusat perbelanjaan untuk membeli bahan makanan.

“Siapa yang akan mengurus kebutuhan kita sehari-hari,” tandasnya.

Dia mengaku mengendarai mobil adalah mimpi bagi perempuan yang tinggal di desa hingga  datangnya keputusan oleh Raja Salman. 

“Dan sekarang kita (perempuan) dapat mengurus kebutuhan sehari-hari sendiri,” ujarnya. (nat/saudigazette/dbs/foto:afp)

 

Responsive image
Other Article
Responsive image