:
:
News
Jelang Lebaran, BNI Syariah Hadirkan Layanan Penukaran Uang Pecahan Kecil

gomuslim.co.id- Bank Indonesia (BI) mengadakan acara penukaran uang pecahan kecil dalam rangka menyambut hari raya Idul Fitri 1439 H. Salah satu bank syariah yang turut berpartisipasi dalam layanan ini adalah PT Bank Negara Indonesia Syariah (BNI Syariah).

BNI Syariah merupakan salah satu dari dua bank syariah yang terlibat dalam acara yang digelar di Lapangan IRTI Monumen Perbankan itu. Tercatat ada 13 perbankan nasional yang ikut berpartisipasi.

Menurut SEVP Keuangan dan Operasional BNI Syariah, Wahyu Avianto, penukaran uang pecahan kecil ini dilaksanakan selama lima hari, tanggal 21 hingga 25 Mei 2018 mulai pukul 09.00 sampai 14.00 WIB di Lapangan IRTI Monas.

“Selain itu, BNI Syariah membuka layanan penukaran uang bagi nasabah di seluruh Kantor Cabang di Kota yang memiliki kantor perwakilan BI, dari tanggal 21 Mei hingga 5 Juni 2018 sesuai jam operasional Cabang,” ujar dalam keterangan pers Jumat, (25/5/2018).

Masyarakat yang menukarkan uang wajib menunjukan kartu identitas Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan didaftarkan sehingga setiap orang mendapatkan jumlah nominal penukaran uang yang ditentukan. Sekadar tambahan, BI menempatkan 1.000 titik di seluruh Indonesia untuk melayani penukaran uang dengan pecahan kecil. Hal ini untuk mengantisipasi kebutuhan masyarakat gua menukar uang jelang Lebaran 2018.

Deputi Gubernur BI Rosmaya Hadi menyatakan, penyebaran layanan penukaran uang secara resmi ini untuk menghindari masyarakat menukar uang di pinggir jalan atau tempat tidak resmi.

"Artinya BI dan pemerintah setempat ingin masyarakat menukar di tempat resmi," ujarnya.

Adapun program penukaran uang ini dilakukan dengan kerjasama BI bersama 14 bank lainnya, baik BUMN maupun swasta. Bank tersebut adalah BNI, Bank Mandiri, BRI, Permata Bank, BNI Syariah, Maybank, BRI Syariah, Bank Mega, Bank CIMB Niaga, Bank Mandiri Syariah, BTN, Bank BJB, Bank DKI, dan BCA.

BI juga menyelenggarakan penukaran secara serentak di 46 kantor cabang yang tersebar di seluruh Tanah Air. "Ini untuk menjamin terpenuhinya kebutuhan masyarakat, maka BI mengirim dan mendistribusikannya ke seluruh Indonesia," imbuhnya.

Penukaran uang kartal pecahan kecil ini nantinya berlangsung hingga tiga hari menjelang Lebaran pada Juni mendatang. Setelah itu, kata dia, titik penukaran pun akan bergeser di wilayah mudik.

"Ini nanti bergeser di wilayah mudik. Di mana saja tempat pemberhentian maka di situ tempat penukaran," katanya.

Rosmaya menyatakan untuk menyediakan kebutuhan penukaran uang, Bank Sentral menyiapkan uang kartal Rp188,2 triliun di tahun ini. Ketersediaan uang ini jauh lebih tinggi dari tahun lalu yang sebesar Rp167 triliun. (njs/kontan/dbs/foto:tribun)

 

Responsive image
Other Article
Responsive image
gomuslim
Get it on the play store