:
:
News
Pasar Kurma Jadi Favorit Warga Pakistan Selama Ramadhan

gomuslim.co.id-  Dengan dimulainya Ramadhan, kegiatan jual beli tumbuh cepat di pasar Pakistan, di mana pengecer dan pedagang grosir berlomba-lomba untuk membeli komoditas yang paling banyak dicari di negara ini selama bulan puasa.

Salah satunya di Pasar Khajoor yang terletak di daerah Lyari di Karachi. Didirikan sebelum pembentukan Pakistan pada tahun 1947, pasar telah mulai berkembang sekali lagi karena keamanan di Karachi telah jauh meningkat setelah operasi baru-baru ini oleh lembaga penegak hukum.

Meskipun menjual kurma dapat menguntungkan setiap saat sepanjang tahun, bisnis ini memperoleh momentum yang lebih besar menjelang Ramadhan. Hal ini tercermin dalam peningkatan jumlah penjual di daerah itu secara tiba-tiba, dari 100 toko dan kios hingga kadang-kadang hampir 200.

Pasar tidak hanya melayani kebutuhan Karachi tetapi juga bagian lain negara. Pakistan memenuhi 50 persen dari permintaannya dengan mengimpor kurma dari Iran, meskipun itu juga membeli sejumlah besar dari Irak, Arab Saudi dan negara-negara lainnya.

Tetapi kebanyakan importir dan dealer mengeluh tentang proses impor yang tidak praktis.

 "Kami menghadapi masalah karena izin impor yang tidak hanya meningkatkan biaya, tetapi juga menghabiskan banyak waktu," kata Hanif Baloch, ketua asosiasi pasar, seperti dilansir dari publikasi Arab News, Rabu, (23/05/2018).

Karena tingginya permintaan untuk kurma selama Ramadan, pengecer dan pedagang besar menaikkan harga. "Kurma yang biasanya tersedia untuk 70-80 rupee Pakistan ($ 0,61 - $ 0,69) per kilogram sekarang dijual seharga lebih dari 120 rupee," kata pengecer Ahmed Hussain.

Sebagai produsen kurma terbesar ke-5 di dunia, Pakistan berfokus pada peningkatan produksi lokal saat ini sekitar 650.000 ton per tahun. Karena negara ini terletak di daerah agro-ekologi di mana tanggal berkualitas tinggi dapat tumbuh dalam skala besar. Provinsi Sindh menyumbang sekitar 50 persen dari produk kurma.

Muslim di seluruh dunia umumnya berbuka puasa dengan kurma, yang merupakan sumber vitamin dan mineral yang baik seperti kalsium, zat besi, fosfor, natrium, kalium, magnesium, dan seng. Mereka juga merupakan sumber energi yang baik karena mengandung gula dan serat. (fau/arabnews/dbs)

Responsive image
Other Article
Responsive image
gomuslim
Get it on the play store