:
:
News
Pondok Pesantren Modern Prof Dr Buya Hamka II Diresmikan, Presiden Jokowi Harap Banyak Pesantren yang Serupa

gomuslim.co.id- Pondok pesantren modern menjadi simbol Islam yang moderat di Indonesia. Bahkan, Presiden Joko Widodo berharap agar semakin banyak muncul pesantren serupa yang bisa melahirkan banyak santri dan santriwati serta pemikir Islam yang berwawasan luas, tangguh, dan optimistis.

Salah satunya Pondok Pesantren Modern Prof Dr Buya Hamka II yang diresmikan oleh Jokowi pada Senin, (21/05/2018) yang dianggap sebagai simbol berkembangnya Islam secara modern. Bagi Jokowi, sosok Buya Hamka merupakan tokoh besar Islam bagi masyarakat Minangkabau, Indonesia, bahkan dunia.

“Buya Hamka juga merupakan tokoh ulama, sastrawan besar, sejarawan, dan tokoh yang berikan perhatian besar terhadap ilmu pengetahuan bagi generasi muda Indonesia. Ponpes Modern Hamka adalah bukti nyata bahwa cita-cita Hamka telah berhasil menembus waktu dan generasi," tutur Jokowi.

Dalam kesempatan yang sama, Pembina Umum Yayasan Wawasan Islam Indonesia, Prof Syafii Maarif, menyebutkan pembangunan Ponpes Modern Hamka merupakan simbol gotong royong.

“Maksudnya, sejumlah gedung dibangun atas prakarsa donatur dari berbagai latar belakang. Banyak pihak, termasuk pengusaha asli Minangkabau, pemerintah pusat, hingga perusahaan swasta, ikut terlibat dalam pembangunan Ponpes Modern Hamka II di Aia Pacah, Kota Padang, Sumatra Barat,” sebut Syafii.

Direktur Rumah Susun, Ditjen Penyediaan Perumahan Kementerian PUPR, Kuswardono menambahkan pembangunan gedung Ponpes Modern Hamka juga didukung langsung oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Selain gedung yang diresmikan hari ini, masih ada 14 rumah susun lain yang tersebar di 14 kabupaten/kota di Sumbar dengan menelan anggaran sekitar Rp 120 miliar.

“Tadi Pak Presiden minta tambahan satu rusun untuk putri, yang kami masukkan lagi,” pungkas Kuswardono. (nat/dbs/foto:ilmu)

 

Responsive image
Other Article
Responsive image
gomuslim
Get it on the play store