:
:
News
Optimalkan Fungsi Masjid, DMI Siap Bersih-bersih 800 Ribu Masjid di Tanah Air

gomuslim.co.id- Masjid merupakan sarana ibadah utama bagi umat Islam. Kebersihan rumah ibadah ini pun menjadi salah satu hal penting. Dalam rangka mengoptimalkan fungsi masjid, Dewan Masjid Indonesia (DMI) berencana menggelar gerakan bersih-bersih 800 ribu masjid di Indonesia.

Hal demikian disampaikan Wakil Ketua Umum DMI, Komjen Pol Syafruddin saat acara 'Bersih-Bersih Masjid' di Masjid Istiqlal, Jakarta, Selasa (08/05/2018). Menurutnya, kegiatan bersih-bersih akan melibatkan Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) lokal dan para pengurus masjid. "Tahun lalu ada 1.011 masjid, tahun ini bedanya 2.000 masjid dan tahun depan 800 ribu masjid bisa terjangkau," ujarnya.

Dalam kegiatan bersih-bersih masjid tahun ini, DMI mengajak PT Unilever Indonesia untuk memberikan pelatihan, paket peralatan kebersihan serta panduan cara membersihkan masjid secara efektif ke para marbut. "Saya imbau perusahaan lain yang bergerak di bidang lain untuk melakukan kegiatan ini, demi ibadah kepentingan rakyat Indonesia. Bersih maka jauh dengan penyakit," katanya.

Lebih lanjut, Komjen Pol Syafruddin menyebutkan, ada 2.000 masjid di Jawa. Tetapi, di luar Jawa juga sudah dilakukan kegiatan bersih-bersih masjid. Menurutnya, fungsi pengurus masjid atau marbut merupakan tokoh kunci untuk mengajak masyarakat setempat membangun kebiasaan menjaga kebersihan.

"Mengimbau kepada seluruh masjid untuk melakukan kegiatan bersih-bersih. Bukan hanya selama Ramadhan, tapi secara terus-menerus," pesannya.

Ia menambahkan, masjid adalah tempat pilihan utama untuk beribadah guna mencapai hati yang bersih. Sehingga penting untuk menjaga kebersihan dan kenyamannya. "Mengabdi pada agama Islam melalui masjid, sehingga manusia bisa berjalan hatinya dengan bersih,” ungkapnya. (njs/rep/foto:masjidistiqlal)

Responsive image
Other Article
gomuslim
Get it on the play store