:
:
News
Bank Muamalat Rilis Program Dana Pensiun Syariah 

gomuslim.co.id- Perbankan syariah terus menghadirkan beragam produk untuk nasabah. Salah satunya seperti PT Bank MuamaIat Indonesia Tbk yang baru-baru ini meIuncurkan Dana Pensiun Lembaga Keuangan (DPLK) Syariah MuamaIat.

Peluncuran program pengelolaan investasi di hari tua secara syariah ini dilakukan dalam acara Puncak MiIad ke-26 di Jakarta, Jumat (04/05/2018). Bank Muamalat menjadi penyelenggara produk DPLK syariah pertama di Indonesia sekaligus menjadi perusahaan pengelola dana syariah secara penuh.

Menurut Presiden Direktur Bank Muamalat Indonesia Achmad K. Permana, peluncuran Program DPLK Syariah Muamalat merupakan wujud komitmen perusahaan sebagai Lembaga Keuangan Syariah untuk terus tumbuh dan berinovasi di bidang pelayanan umat, khususnya di bidang investasi hari tua.

“Peluncuran produk DPLK syariah ini sudah sesuai dengan aturan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) di mana setiap pelaku industri DPLK syariah harus memiliki Dewan Pengawas Syariah tersendiri,” ujarnya.

Ia menambahkan DPLK Muamalat secara syariah ini sudah berdiri sejak tahun 1997. Lembaga ini diperbaharui berdasarkan ketentuan OJK dalam Peraturan OJK Nomor 33/POJK).05/2016. “Kalau dulu DPLK syariah mengikuti Bank Muamalat, tapi sekarang terpisah. Jadi DPLK syariah sudah ada legalitas dan brand syariah sendiri,” katanya.

"Kami akan terus mengedukasi masyarakat tentang pentingnya investasi untuk masa pensiun, terutama sebagai satu-satunya DPLK yang secara penuh beroperasi secara syariah, yang memang menjadi salah satu terobosan kami dalam meIayani umat," sambungnya.

Setelah menjadi DPLK Syariah, Muamalat bisa memuluskan langkahnya untuk bisa mengelola dana pensiun hingga Rp 1,5 triliun sampai akhir tahun 2018. Jumlah itu naik 20%, dari dana kelola DPLK tahun lalu yaitu Rp 1,25 triliun.

“Peluncuran DPLK Syariah Muamalat merupakan strategi korporasi menyasar industri DPLK syariah yang berpotensi tumbuh dua digit tahun ini mengingat pasar yang digarap masih cukup besar seperti rumah sakit, sekolah berbasis Islam maupun perusahaan konvensional,” kata dia.

Direktur DPLK Syariah Muamalat, Sulistyowati mengatakan, dari Januari - Maret 2018, pihaknya telah mengumpulkan dana Rp1,3 triliun dengan target pertumbuhan 20 persen di akhir tahun. Mereka mengincar dana sebesar Rp1,5 triliun dari DPLK Syariah. "Kita target kecil saja kan dana pensiun setorannya juga kecil, target Rp1,5 triliun hingga akhir 2018," kata Sulis.

Program DPLK Syariah Muamalat menawarkan Iayanan produk terbaru, situs dengan desain dan konten terbaru yang Iebih sederhana dan informatif, serta kemudahan akses meIaIui mobile banking bersinergi dengan Bank MuamaIat Indonesia.

Sampai saat ini DPLK Syariah Muamalat menjadi satu-satunya DPLK Syariah di Indonesia yang telah menawarkan produk atau perusahaan pengelola dana syariah penuh (full Hedge) dengan skema penempatan dana keIoIaan per Maret 2018 di deposito dengan porsi 62 persen, sukuk 28,5 persen, reksadana 7 persen dan saham 2,5 persen.

DPLK Syariah Muamalat akan fokus membidik segmen nasabah korporasi meIaIui dua produk yang akan ditawarkan yakni produk regular atau program pensiun iuran pasti (PPIP) dengan nama Pensiun Terencana Muamalat (PTM) dan produk program pensiun untuk kompensasi pesangon (PPUKP) yang dinamai Pensiun untuk Pesangon Terencana MuamaIat (PPTM). (njs/antara/dbs/foto:sinarharapan)

 

Responsive image
Other Article
Responsive image
gomuslim
Get it on the play store