:
:
News
Usung Tema Kearifan Lokal, Maluku Utara Siap Gelar Festival Teluk Jailolo 2018

gomuslim.co.id- Dengan mengusung tema kearifan lokal, Festival Teluk Jailolo (FTJ) 2018 akan kembali berangsung pada 3 sampai 5 Mei 2018.  Banyak panorama indah yang bisa dinikmati saat mengikuti even di Halmahera Barat, Maluku Utara ini. Ada lima pantai yang sayang untuk dilewatkan. Kelimanya antara lain, Pantai Tuada, Pantai Idamdehe, Pantai Babua, Pantai Marimbati, dan Pantai Galala.

Teluk Jailolo merupakan salah satu kebanggaan Halmahera Barat (Halbar). Setiap tahun, di teluk nan elok ini digelar festival.  Layaknya festival budaya di kota lain, FJT juga digelar dengan misi promosi wisata. Selain itu, juga sebagai ungkapan rasa syukur masyarakat Halbar kepada Tuhan atas hasil bumi yang melimpah.

FJT pertama kali dilaksanakan pada 2009. Kembali digelar pada tahun ini, mulai tanggal 30 April sampai 5 Mei 2018. Penyelenggaraan FJT ke-10 kali ini mengusung tema Pesona Budaya Kepulauan Rempah.

Menurut Kepada Dinas Pariwisata Halbar, Fenny, tema tahun ini cara untuk mengangkat kembali eksistensi kepulauan remah dalam pesona keragaman budaya, keindahan alam dan surga bawah laut kepada masyarakat lokal dan dunia. Setiap tahun, FTJ selalu menyuguhkan pagelaran seni Budaya Moloku Kie Raha, gelar kuliner tradisional dan panggung budaya, serta upacara adat atau ritual.

Untuk diketahui, Jailolo adalah teluk yang dikelilingi pemandangan luar biasa. Kondisi alam yang masih asri membuat Jailolo disebut sebagai surga tersembunyi di Halbar.

Teluk yang berada di antara pulau Ternate, Tidore dan Pulau Halmahera ini sudah dikenal dengan keindahan alam wisata bawah laut yang menakjubkan. Sehingga menjadi salah satu daya tarik destinasi wisata khusus untuk para penyelam. Bahkan, kawasan Halbar ini masuk dalam kawasan segitiga terumbu karang dunia. (fau/sportourism/dbs/foto: gogonesia)

 

 

 

Responsive image
Other Article
Responsive image
gomuslim
Get it on the play store