:
:
News
Sambut Traveler Muslim, Belanda Resmi Deklarasi Terapkan Pariwisata Halal

gomuslim.co.id- Pariwisata halal yang makin berkembang di dunia saat ini membuat banyak negara berlomba untuk menyambut para traveler muslim. Seperti baru-baru ini, konsep wisata halal yang ramah turis muslim juga mulai diterapkan di negara bunga tulip.

Publikasi GulfNews, Minggu, (29/04/2018) menyebutkan Belanda salah satu negara di Eropa mendeklarasikan diri untuk menerapkan wisata ramah Muslim. Apalagi negara itu akan menjadi tuan rumah Halal Expo Eropa 2018 pada Juni mendatang.

Apalagi, pariwisata halal menyumbang 11 persen dari industri pariwisata global. Wisata halal menghasilkan 140,7 juta euro (sekitar Rp 236 miliar) pada 2016. Angka itu diperkirakan tumbuh menjadi 284 juta euro (sekitar Rp 4,7 triliun) pada 2022.

Selain itu, menurut laporan Mastercard-Halal Trip Muslim Millennial Travel Report 2017, diproyeksikan total pengeluaran wisatawan milenium Muslim akan melampaui 100 miliar dolar AS (sekitar Rp 1,3 triliun) pada 2025. Dengan demikian, perjalanan Muslim adalah bisnis global yang besar.

Untuk diketahui, ada empat kota besar di belanda yang bisa menjadi destinasi yang tepat bagi traveler muslim, di antaranya  Amsterdam, Rotterdam, Utrecht, dan Den Haag. Kota-kota tersebut dipenuhi rumah-rumah indah berwarna, jembatan dan kanal-kanal, landmark, termasuk Anne Frank House dan Van Gogh Museum. Menyoal makanan, ada 60 restoran melayani makanan halal. Restoran-restoran populer yang layak dikunjungi, seperti, restoran Maroko yang menawarkan Arab Lounge dan Addis.

Untuk hotel, tercatat ada Hotel Van der Valk Hotel Houten Utrecht yang menawarkan fasilitas ramah Muslim. Terdapat sejumlah masjid di kota tersebut, seperti, Anwar-E-Qoeba, Es Salaam, dan Masjid Sayyidina Ibrahim. Selain itu, ada juga tiga masjid utama, yakni, Masjid Mobarak dikenal sebagai masjid pertama yang dibangun khusus Belanda, Mescidi-Aksa Mosque, dan As-Soennah Mosque. (fau/gulf/dbs/foto: taccbcn)

Responsive image
Other Article
Responsive image
gomuslim
Get it on the play store