:
:
News
Pererat Ulama dan Umara, Pesantren Modern di Serang Banten Gelar Multaqa Ulama Nusantara

gomuslim.co.id- Perhelatan Multaqa Ulama Nusantara akan dilaksanakan pada Minggu (25/03/2018). Acara tersebut akan dihadiri oleh 500 ulama pimpinan pesantren dan ormas Islam Banten di Pesantren Modern Al Mubarok Kota Serang, Banten asuhan KH Mahmudi MA yang juga merupakan Ketua MUI Serang. 

Sekjen Multaqa Ulama Nusantara KH Aly Abdil Barr mengatakan kegiatan ini dilatarbelakangi keinginan menjalin kerjasama antar ulama dan umat menyikapi berbagai persoalan bangsa. Kegiatan juga diharapkan makin memperat tali persaudaraan sesama Muslim, ulama, umara (pemimpin negara), dan umat dalam menjaga NKRI.

“Multaqa ini untuk mempererat persatuan umat agar tidak terbelah ketika ada hajatan pemilihan kepemimpinan nasional," tutur Kiai Aly, Jumat (23/03/2018).

Selain itu, pertemuan ini juga untuk memberikan masukan atau amanat agar umat Islam mendukung dan mendorong adanya pemimpin nasional yang benar-benar peduli kepada umat Islam, pesantren, dan madrasah.

Kata Kiai Aly, multaqa kali ini mengangkat tema “Persatuan Umat dan Kepemimpinan Nasional untuk Kedaulatan Ekonomi”, penyelenggara menilai umat Islam membutuhkan pemimpin yang memiliki kemampuan dalam menjaga persatuan dan kesatuan umat Islam dalam bingkai NKRI. 

Pihaknya berharap seluruh ulama dan santri di seluruh pelosok Tanah Air agar memilih seorang pemimpin dari kalangan santri yang mampu meningkatkan kualitas SDM umat dengan mengembangkan mutu dan kuantitas pendidikan Islam, melalui pesantren dan madrasah diniyah.

“Dengan kualitas SDM umat dan santri yang mumpuni, akan dapat mewujudkan perbaikan ekonomi umat yang selama ini masih terpuruk.  Masih banyak pesantren yang kurang mendapat perhatian," tandas Kiai Aly.

Agar umat dapat memperoleh akses atas lapangan pekerjaan dan usaha mandiri melalui berbagai program-program nyata, pesantren harus mendapat perhatian yang sama dengan pendidikan umum lainnya.

"Terlebih pesantren adalah tempat bersemai dan tumbuhnya pendidikan karakter bangsa sejak dini," pungkasnya. (nat/dbs/foto:hallomuslim)

 

Responsive image
Other Article
Responsive image
gomuslim
Get it on the play store