:
:
News
Bantu Warga Afrika, OIC Islamic Bank Gelar 100.000 Operasi Katarak

gomuslim.co.id-   Islamic Development Bank (IDB) dari Organisasi Kerjasama Islam Organization of Islamic Cooperation  (OIC) telah menciptakan dana USD 30 juta untuk melakukan lebih dari 100.000 operasi katarak dan menyediakan kacamata bagi sejuta anak di Afrika.

“Sekitar 33 juta orang di Afrika menderita gangguan penglihatan, yang pada sekitar 75% kasus dapat dicegah atau diobati, terutama yang berkaitan dengan katarak,” kata Chief Executive Officer ITFC, Waleed al-Wohaib, seperti dilansir dari publikasi Turki Anadolu Agency, Kamis, (22/03/2018).

Katarak ini menjadi perhatian khusus Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). Penyakit ini adalah penyebab separuh kebutaan dan 33% gangguan penglihatan di seluruh dunia. Sekitar 20 juta orang di seluruh dunia buta karenanya. Biaya operasi katarak sekitar USD 75, menurut Yayasan Bantuan Kemanusiaan Turki.

Pada tahun 2008, IDB membentuk Alliance to Fight Avoidable Blindness (AFAB) di bawah Dana Solidaritas Islam untuk memberikan perawatan mata kepada hampir seperempat juta orang di delapan negara Afrika antara tahun 2008 dan 2015. Lembaga ini memiliki modal USD 10 miliar, diresmikan oleh IDB untuk mengurangi kemiskinan, memberikan pemberdayaan ekonomi dan perawatan kesehatan pada tahun 2005.

Dalam wawancara dengan Anadolu Agency, al-Wohaib mengatakan di antara fase kedua AFAB adalah melakukan lebih dari 100.000 operasi katarak menyediakan satu juta anak dengan kacamata medis, membangun enam pusat kesehatan, tiga pusat pelatihan, dan melatih atau melatih kembali 90 dokter mata, dan memberikan beasiswa untuk melatih dokter dan perawat baru di 12 negara Afrika.  (fau/anadoluagency/dbs/foto: aboutislam)

 

Responsive image
Other Article
Responsive image