:
:
News
Mudahkan Wisatawan Muslim, Mahasiswa Muslim Indonesia-Taiwan Kembangkan Aplikasi Ini

gomuslim.co.id- Perkembangan wisata ramah muslim yang kian pesat membuat sejumlah fasilitas pendukung hadir. Hal ini demi memudahkan wisatawan ketika melakukan perjalanan ke suatu tempat. Salah satunya ke Negara Taiwan.  

Dalam beberapa tahun terakhir, Taiwan menjadi negara yang gencar mengembangkan wisata halalnya. Untuk mendukung hal tersebut, baru-baru ini sejumlah pelajar Muslim Indonesia dan Taiwan membuat sebuah aplikasi telepon pintar Halal.Taiwan (Halal.TW).

Mereka adalah kelompok mahasiswa Muslim yang belajar di Universitas Sains dan Teknologi Nasional Taiwan. Perguruan tinggi itu memiliki kelompok pelajar Indonesia terbesar di Taiwan.

Aplikasi Halal.Taiwan ini dikembangkan guna memudahkan wisatawan muslim dalam mencari tempat ibadah dan makanan halal. Fasilitas ini dirancang memberi ketenangan pada wisatawan Muslim saat berkunjung ke negara tersebut.

“Aplikasi ini memudahkan pengguna untuk menemukan ruang shalat, restoran dan hotel halal di Taiwan. Selain itu, aplikasi ini juga memungkinkan pengguna mendonasikan uang ke sejumlah organisasi, termasuk Kementerian Pendidikan Taiwan,” demikian seperti dilansir dari publikasi Taiwan News, Senin, (19/03/2018).

Data data pengembang menunjukan, aplikasi itu telah diunduh lebih dari 6.000 kali oleh pengguna. Aplikasi Halal.Taiwan memiliki informasi tentang lokasi dan nomor telepon lebih dari 300 restoran, toko, hotel, dan ruang shalat. Ada  tiga bahasa yang digunakan aplikasi tersebut yaitu, bahasa Cina, Inggris, dan Indonesia.

Dalam keterangan di situs resminya, aplikasi Halal.TW merupakan sebuah proyek yang bertujuan memberikan sistem dan pengalaman terbaik bagi setiap orang untuk mengeksplorasi segala hal yang halal di Taiwan.

Anggota tim pengembangan Indonesia, Nur Najman Ade Putra menceritakan pernah mengunjungi Taiwan bersama orang tuanya saat masih duduk di bangku SMP. Ia mengaku kesulitan menemukan restoran halal atau ruang shalat ketika itu.

Berangkat dari persoalan itu, akhirnya dia memutuskan mengembangkan aplikasi tersebut untuk memecahkan masalah dan membantu orang lain dengan kebutuhan yang sama. Ia berharap aplikasi Halal.TW dapat menginformasikan Taiwan memiliki lingkungan yang menyediakan layanan halal dan ramah kepada umat Islam. (njs/taiwannews/startboard)

Responsive image
Other Article
Responsive image