:
:
News
Women in Mosques Development Program, Inisiatif Komunitas Muslim Inggris Libatkan Perempuan dalam Manajemen Masjid

gomuslim.co.id- Kelompok  Muslim terkemuka Inggris telah memulai sebuah inisiatif baru yang mendesak masjid-masjid di Inggris untuk merekrut lebih banyak wanita menjadi peran wali amanat dan manajerial, dalam sebuah acara yang diadakan pada tanggal 7 Maret untuk menandai Hari Perempuan Internasional.

"Sementara kurangnya perwakilan perempuan dalam pengelolaan masjid telah diakui untuk beberapa lama, saatnya tindakan yang lebih nyata diambil untuk memastikan perempuan diberi akses yang setara dan adil dalam semua aspek kehidupan masjid," jelas Harun Khan, Dewan Muslim Inggris.

Acara tersebut sekaligus peluncuran 'Women in Mosques Development Program', sebuah program pelatihan dan mentoring enam bulan yang dirancang untuk mendukung para pemimpin wanita berbakat yang akan datang menavigasi jalan mereka melalui ruang rapat masjid dan organisasi sektor lainnya.

Selain itu, penelitian oleh Komisi Amal tahun lalu juga mengungkapkan bahwa pria melebihi jumlah wanita di semua dewan pengawas amal pada umumnya oleh dua banding satu.

"Hari Perempuan Internasional kini telah menjadi pengingat akan keberanian dan prestasi besar perempuan di masa lalu dan sekarang," kata Zara Mohammed, Asisten Sekretaris Jenderal MCB.

'Women in Mosques Development Program' akan menugaskan pemimpin wanita yang akan datang dengan mentor, mengatur kunjungan ke masjid praktik terbaik dan organisasi, serta memberikan pelatihan Komisi dewan masjid dan Komisi Amal.

"Saya berharap ini dan inisiatif lainnya seperti ini menghasilkan lebih banyak kesempatan bagi perempuan dalam masyarakat dan organisasi kita," kata Tahira Muhammad dari Masjid Pusat Edinburgh.

'Women in Mosques Development Program' akan berlangsung antara bulan Juli dan Desember 2018. Inisiatif ini juga muncul setelah Dewan Muslim Inggris baru-baru ini meluncurkan 'Better Mosques: A Community Consultation' - sebuah konsultasi nasional dimana setiap orang dapat menyampaikan gagasan mereka tentang bagaimana masjid dapat menjadi lebih baik di Inggris saat ini. (fau/aboutislam/dbs)

Responsive image
Other Article
Responsive image
gomuslim
Get it on the play store