:
:
News
Pemuda Muslim Ini Juarai Kompetisi Hafalan Alquran di Nigeria

gomuslim.co.id- Baru-baru ini,  seorang  pemuda Muslim Nigeria berusia 20 tahun menjadi pemenang keseluruhan Kompetisi Pembacaan Alquran ke-32 yang diadakan di Katsina, Nigeria barat laut. Kompetisi ini menjadi salah satu program dari Presiden Nigeria yang mendesak warganya untuk pemahaman Alquran dan langkah hidup berdampingan secara damai.

"Semua Kitab Allah Yang Maha Kuasa mengajarkan kepada kita hal yang sama, yaitu bagaimana untuk hidup dalam damai satu sama lain. Sudah jelas bahwa Qur'an adalah ensiklopedia terbesar yang berisi semua aspek kehidupan manusia. Al Qur'an mengajarkan kita bagaimana bersikap adil dan adil bagi semua orang termasuk non-Muslim, “ jelas Presiden Muhammadu Buhari melalui seorang perwakilan, Menteri Negara Penerbangan, Sen Hadi Sirika, dalam perayaan yang diadakan pada hari Sabtu lalu, sebagaimana dilaporkan publikasi Naija.

Selain itu, Presiden Buhari juga mendesak orang-orang Nigeria untuk mengerti bahwa semua Kitab Suci yang diwahyukan oleh Allah mengajarkan hidup damai di antara orang-orang.

"Ini juga telah dinyatakan bahwa selama masa Nabi Muhammad SAW, ketika Muslim dianiaya, dia meminta mereka untuk pindah ke Kerajaan Kristen di Ethiopia, tempat mereka tinggal dengan damai," katanya.

Seiring dengan Amiru Yunusa dari negara Bauchi yang memenangkan kompetisi ke-32, acara tersebut menghormati Amina Ahmad dari negara Borno yang menjuarai keseluruhan kategori wanita.

Dr. Sani Yunus Birnin-Tudu, Koordinator Nasional Lomba Pembacaan Alquran mengatakan bahwa 360 peserta dari 32 negara bagian federasi ikut serta dalam kompetisi tersebut. Para pemenang bersaing untuk menghafal seluruh Quran dengan terjemahan bahasa Arab.

Alquran adalah wahyu dari Tuhan, pencipta dunia, jadi Dia adalah penulis asli. Hanya ada satu Qur'an yang berbahasa Arab dan banyak terjemahan al-Qur'an dalam beberapa bahasa.

Al Qur'an diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW melalui malaikat malaikat yang biasa membuat Nabi menghafal Al Qur'an dan membuatnya merevisinya setiap tahun di bulan Ramadhan, bulan puasa.

Menghafal Alquran adalah salah satu cara terpenting untuk melestarikan pesan Allah. Hal lainnya menerbitkan dan mendistribusikan buku, atau teks di Internet dan untuk membacakan bagian-bagian yang diketahui orang lain. (fau/aboutislam/dbs)

Responsive image
Other Article
gomuslim
Get it on the play store