:
:
News
Pikat Turis Muslim, Gunung Alishan Tawarkan Ragam Destinasi Wisata Halal di Taiwan

gomuslim.co.id- Wisata ramah Muslim atau paket muslim friendly tourism saat ini menjadi booming di industri jasa pariwisata di Taiwan. Hal ini dilakukan guna menarik wisatawan dari negara-negara dengan jumlah penduduk beragama Islam yang besar, termasuk Indonesia.

Wisata ramah bagi umat Muslim itu sangat terasa di sejumlah kota di Taiwan, termasuk di Kota Chiayi, yang terkenal dengan kawasan wisata Gunung Alishan.

Di kawasan wisata Alishan, terdapat dua tempat makan yang menyajikan makanan halal, salah satunya di Long Yun Leasure Farm. Selain menyediakan tempat penginapan yang sangat bagus, Long Yun juga menyediakan makanan halal yang lezat.

Jaden, pemilik Long Yung Leasure Farm mengatakan dirinya sudah mendapatkan sertifikat halal sejak sekitar 3 tahun lalu. Sertifikat halal itu diberikan oleh Asosiasi Muslim Taiwan yang berpusat di Masjid Besar Taipei.

"Tidak mudah untuk mendapatkan sertifikat halal ini. Butuh waktu sekitar 8 bulan agar bisa mendapatnnya. Semua gratis," pungkas Jaden.

Setiap tahunnya, Asosiasi Muslim Taiwan memeriksa kelayakan sertifikat halal tersebut.

Bahkan, untuk mendapatkan sertifikat itu, pihaknya harus benar-benar memisahkan peralatan makan, bahkan dapur, untuk memasak makanan halal.

"Piring, sendok, mangkuk, hingga peralatan untuk memasak harus ada label halal," kata pria yang sudah 20 tahun membuka Long Yun Leasure Farm itu.

Kata Jaden, awal dirinya mengurus sertifkat halal ketika menghadiri sebuah pameran wisata di Singapura. Ketika itu, ada pengunjung asal Malaysia dan Singapura yang menceritakan pengalamannya kesulitan untuk mendapatkan makanan halal ketika berwisata ke Taiwan, termasuk di Alishan.

Kemudian, pasca mendapatkan sertifikat halal, kunjungan wisatawan Muslim ke Long Yun Leasure Farm meningkat sekitar 80%. Dari yang semula jumlah wisatawan Muslim yang berkunjung 100 orang per tahun dan kini meningkat 80%.

“Kami berharap warga Indonesia yang beragama Islam mampir ke Alishan,” ujarnya.

Tak hanya untuk menikmati keindahan dan kesejukan kawasan wisata Alishan, tetapi juga merasakan kelezatan makanan halal di sana. Beberapa makanan halal nan lezat yang disediakan Long Yun Leasure Farm, antara lain gulai kambing, ayam goreng bumbu, sup tom yum, rebung tumis, dan ikan goreng.

Selain itu, di sekitar Long Yun Leasure Farm, wisatawan bisa menikmati hamparan kebun teh atau berjalan-jalan di hutan pinus yang asri dan sejuk.

“Ada juga aktivitas membuat kerajinan tangan khas Alishan atau membuat kue moci lalu dinikmati bersama-sama,” kata dia. (nat/beritasatu/dbs/foto:trendezia)

 

 

Responsive image
Other Article
Responsive image