:
:
News
Pemerintah Saudi Bakal Operasikan Bandara Jeddah Baru pada Pertengahan Tahun Ini 

gomuslim.co.id- Pemerintah Saudi terus menggeber proyek pembangunan sarana transportasi. Hal ini dalam rangka memberikan kemudahan dan kenyamanan bagi jemaah serta wisatawan yang datang.

Baru-baru ini, Otoritas Umum Penerbangan Sipil (GACA) Arab Saudi menyatakan Bandara Internasional King Abdulaziz yang baru di Jeddah bakal dibuka pada bulan Mei 2018. Hal tersebut disampaikan kepala GACA Abdul Hakeem Al-Tamimi saat melakukan pertemuan dengan Pangeran Khanan Khaled Al-Faisal.

Al-Tamimi mengatakan bahwa otoritas tersebut berkomitmen untuk target ini. Ia juga menegaskan bertanggung jawab atas pengelolaan dan pengoperasian bandara itu mengingat dirinya sedang dalam proyek.

“GACA baru-baru ini membatalkan kontrak dengan konsorsium Changi Airports International dan Saudi Naval Support Company untuk mengelola dan mengoperasikan bandara. Prosedur ini tidak akan mempengaruhi kerangka waktu untuk pembukaan awal dan operasi eksperimental bandara," jelasnya seperti dilansir dari publikasi Saudigazzate, Senin (26/02/2018).

Pertemuan tersebut juga membahas bandara Gonfodah yang akan ditawarkan kepada kontraktor dalam waktu 60 hari. GACA telah menerima lahan proyek seluas 24 juta meter persegi.

Selain itu, Pangeran Khaled Al-Faisal juga menjelaskan tentang kemajuan pekerjaan di bandara, termasuk kompleks Lounge. Juga dikatakan adanya pusat transportasi umum dan stasiun kereta Haramain yang menghubungkan bandara ke Makkah, Madinah, dan Rabigh.

Pangeran Khaled Al-Faisal juga memberi penjelasan singkat tentang kemajuan pekerjaan di bandara baru Taif. Pekerjaan dimulai pada bulan September dan diharapkan selesai pada tahun 2020.

Bandara yang berjarak sekitar 40 km ke arah timur laut atau Taif dan 117 km dari Makkah ini memiliki luas 48 juta meter persegi dan diharapkan dapat melayani lebih dari enam juta penumpang setiap tahunnya, ditambah 1,5 juta peziarah yang akan menggunakan haji. Di sini juga ada Terminal Umrah yang dilengkapi ke bandara. (njs/saudigazzate/dbs/foto:yesmuslim)

Responsive image
Other Article
Responsive image
gomuslim
Get it on the play store