:
:
News
Ini Empat Tuntutan Halal Corner Terkait Vaksin di Indonesia

gomuslim.co.id- Kehalalan sebuah produk sangat penting bagi konsumen muslim. Bukan hanya soal makanan dan minuman, tetapi juga obat-obatan termasuk di dalamnya mengenai vaksin. Masyarakat pun masih mempertanyakan tentang kehalalan vaksin yang beredar di Tanah Air.

Baru-baru ini, Halal Corner menyebutkan bahwa saat ini baru ada tiga vaksin yang jelas kehalalannya. Hal demikian disampaikan Founder Halal Corner, Aisha Maharani. Ia menyatakan informasi tentang tiga jenis vaksin tersebut berpatokan pada daftar produk halal Majelis Ulama Indonesia (MUI).

“Ketiga vaksin halal tersebut, yaitu Group ACYW135 Meningococcal polysaccharide Vaccine atau vaksin Meningitis, MENVEO Meningococcal Group A,C, W135, Y Conjugate vaksine, dan produk vaksin Menivax ACYM,” ujarnya.

Sebelumnya, Aisha bersama tim berkesempatan melakukan kunjungan audiensi ke BPJPH untuk menyampaikan beberapa fakta pelaksanaan program imunisasi yang terjadi di lapangan terutama pengakuan sepihak tentang status kehalalan vaksin. Hal itu dilakukan karena media informasi produk halal di Indonesia dan komunitas tersebut memang sering menerima pertanyaan dan keluhan masyarakat Muslim mengenai status kehalalan vaksin.

Pada kunjungan tersebut, Aisha menyampaikan beberapa tuntutan masyarakat muslim Indonesia terkait vaksinasi. Setidaknya ada empat tuntutan yang disampaikan Halal Corner pada BPJPH.

Adapun tuntutan itu antara lain, pertama, tersedianya vaksin halal dan thayyib. Kedua, menindak tegas dan memberikan sanksi administrasi maupun pidana terhadap pelanggaran klaim halal yang dilakukan pihak Nakes dan industri farmasi atau vaksin.

Ketiga, meminta agar MUI menambah fatwa tentang Imunisasi di Indonesia dengan poin selain halal juga tidak membahayakan. "Jika vaksin diduga membahayakan manusia maka dijatuhkan hukum keharaman menggunakan vaksin. Dan yang keempat, Halal Corner menyampaiakan tuntutan terhadap MUI agar menetapkan definisi darurat yang tegas, sehingga tidak diklaim dengan semena-mena oleh instasi yang terkait,” paparnya. (njs/dbs/foto:harian bhirawa)

Responsive image
Other Article
Responsive image
gomuslim
Get it on the play store