:
:
News
Kemenag Bentuk Tim Khusus untuk Perumahan Haji Jemaah Indonesia di Saudi

gomuslim.co.id- Jelang musim haji 2018, Tim Perumahan Haji dari Ditjen Penyelenggaraan Haji dan Umroh (PHU) Kementerian Agama RI (Kemenag RI) tengah mempersiapkan akomodasi untuk jemaah haji Indonesia di Arab Saudi.

Tim perumahan haji terdiri dari 14 orang. Mereka akan bertugas selama 2,5 bulan atau sampai awal Mei 2018 di Makkah dan Madinah, Arab Saudi.

Direktur Pelayanan Haji Luar Negeri dari Kemenag RI Sri Ilham Lubis mengatakan tugas tim menyiapkan akomodasi untuk seluruh jemaah haji, petugas haji kloter, kantor sektor dan rumah cadangan. Jadi, totalnya mereka harus menyiapkan rumah pemondokan dan hotel yang bisa menampung 210.600 orang.

"Tim dibagi dua, ada yang bertugas di Makkah dan di Ma dinah, sehingga bisa mempercepat proses penyediaan," ujar Sri. 

Rumah-rumah yang akan disewa di Makkah, kata Sri, adalah rumah-rumah yang berdasarkan hasil penilaian tahun lalu. Kalau kualitas dan kinerjanya bagus, maka rumah-rumah tersebut akan dilakukan pemesanan ulang.

"Termasuk rumah yang sudah kita sewa multiyears dengan harga yang sama, itu yang kita akan ambil. Sehingga, kita tinggal mencari sisa kapasitas yang belum terpenuhi," kata dia.

Sementara itu, di wilayah Makkah banyak hotel-hotel baru. Juga di wilayah yang sudah ditentukan untuk tempat jemaah haji Indonesia seperti tahun lalu. 

Namun, ada beberapa tantangan yang akan dihadapi tim agar bisa mendapatkan rumah pemondokan dan hotel yang lokasi dan kualitasnya bagus serta sesuai harganya.

“Tim dari Indonesia harus bersaing dengan tim dari negara lain untuk mendapatkan rumah pemondokan dan hotel yang bagus, strategis, dan harganya sesuai plafon,” tukas Sri. (nat/dbs/foto:hajikita)

 

Responsive image
Other Article
Responsive image