:
:
News
Tahap Awal Pembangunan Masjid Taman Sriwedari Surakarta Resmi Dibuka
gomuslim.co.id- Pembangunan Masjid Taman Sriwedari Surakarta akhirnya resmi dibuka oleh Wakil Wali Kota Surakarta, Achmad Purnomo. Peresmian pembangunan ditandai dengan peletakan batu pertama pada, Senin (05/02/2018).
 
Peletakan batu pertama juga diikuti oleh perwakilan organisasi Islam di Solo, seperti Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU), Lembaga Dakwah Islam Indonesia (LDII) dan Majelis Ulama Indonesia (MUI).
 
Acara tersebut jug disaksikan oleh Wali Kota Surakarta, FX Hadi Rudyatmo dan perwakilan pemerintah kabupaten sekitar Surakarta, beserta pimpinan TNI-Polri setempat.
 
Achmad Purnomo yang juga ditunjuk sebagai ketua panitia pembangunan Masjid Taman Sriwedari Surakarta, mengatakan pengerjaan masjid membutuhkan dana sebesar Rp 162,5 miliar.
 
"Sebelumnya kita rencanakan Rp 151 miliar. Tapi karena ada perubahan tinggi menara yang sebelumnya 99 meter menjadi 114 meter, dananya juga bertambah," ujar Purnomo.
 
Sementara itu, mengenai dana pembangunan, Masjid Taman Sriwedari tidak menggunakan dana APBD maupun APBN. Hingga saat ini, beberapa BUMN telah bersedia memberikan bantuan sebagai bentuk tanggung jawab sosial.
 
"Sudah ada komitmen dari CSR BUMN memberikan Rp 160 miliar. Kekurangannya tinggal sedikit, nanti pasti ada," kata dia.
 
Dana pembangunan tidak sepenuhnya dari CSR, panitia pembangunan masjid juga menerima sumbangan masyarakat. Dana yang terkumpul akan selalu dilaporkan ke publik setiap bulan.
 
Masjid yang akan didirikan di lahan eks-Taman Hiburan Rakyat Sriwedari itu merupakan masjid pertama yang berada di jalan utama Kota Solo. Lahan tersebut memiliki luas 17.200 meter persegi.
 
Wali Kota Surakarta, FX Hadi Rudyatmo, berharap masjid yang diperkirakan memuat 7.680 orang tersebut bisa menjadi kebanggaan wong Solo.
 
"Ini merupakan permohonan warga masyarakat yang menginginkan masjid di jalan protokol, Jalan Slamet Riyadi. Memang sudah ada Masjid Agung, tapi aksesnya harus masuk dari Gladag. Semoga kurang dari dua tahun sudah bisa dipakai," tutur Hadi. (nat/dbs/foto:tribunjateng)
Responsive image
Other Article
Responsive image
gomuslim
Get it on the play store