:
:
News
Pesantren di Manbaul Ulum Cirebon Buka Posko KLB Virus Hepatitis

gomuslim.co.id- Baru-baru ini, penyakit yang teridentifikasi sebagai Kejadian Luar Biasa (KLB) mewabah di beberapa daerah. Salah satunya penyakit hepatitis di Pondok Pesantren (Ponpes) Manbaul Ulum 1 Cirebon yang menyerang sejumlah santri.

Pengasuh Ponpes Manbaul Ulum 1 KH Mahfudz Hudlori mengatakan posko KLB tersebut dimulai sejak 13 Januari hingga 9 Maret mendatang. Kejadian penularan hepatitis di ponpes terjadi mulai Sabtu, (13/01/2018).

Mahfudz menyebut sebanyak 36 santri mengeluh dan merasakan sakit. Beberapa di antaranya menunjukkan gejala hepatitis.

“Saya langsung koordinasi dengan petugas kesehatan. Kemudian mengontok beberapa dokter untuk menangani ini,” ujar Mahfudz, Minggu (04/02/2018).

Sementara itu, kesimpulannya harus memutus penuluran penyakit tersebut. Dari 36 yang mengeluh, enam di antaranya positif terkena hepatitis, tambah satu petugas dapur.

 “Pihak ponpes mengumpulkan seluruh orang tua santri untuk penyuluhan dan pemberian vaksin kepada santri. Namun, bagi santri yang telah mendapatkan vaksi hepatitis sejak kecil tak diwajibkan mengikuti vaksinasi,” tandasnya.

Lanjut dia, sebelum penyuluhan, pihaknya memberikan izin pulang semua santri, sekitar tanggal 19 hingga 23 Januari lalu.

“Yang negatif balik lagi ponpes, yang positif tetap diistirahatkan dan menjalani pengobatan,” ucapnya. 

Mahfudz Manbaul Ulum 1 memiliki 530 santri putra dan putri. Sementara itu, lingkungan ponpes, hingga kini masih mendapatkan penanganan dari Dinkes Cirebon terkait penularan hepatitis. 

"Setiap hari ada petugas yang datang ke sini. Kita terus melakukan penanganan terkait ini. Alhamdulillah, kita langsung bergerak memutus penularan ini," pungkasnya. 

Sementara itu, salah satu orang tua santri, Sugandi (58) mengapresiasi kinerja Ponpes Manbaulum Ulum terkait penangan hepatitis. Proses pembelajaran diakui Suganda sempat diliburkan selama satu pekan. 

Saat ini sekitar 50 santri dinyatakan terkena hepatitis. Suganda bersyukur, anaknya tak tertular hepatitis.

"Katanya sekitar 50 santri yang terkena. Alhamdulilah langsung ada upaya, tadi ada penyuluhan, cek darah, imunisasi, dan lainnya. Alhamdulillah di sini penangannya cepat," kata Suganda saat ditemui usai penyuluhunan di Manbaul Ulum. (nat/dbs/foto:youtube)

Responsive image
Other Article
Responsive image