:
:
News
Vivi Zubedi x HIJUP Angkat Kain Sasirangan dan Pagatan di New York Fashion Week 2018

gomuslim.co.id- Perancang busana modest fashion tanah air Vivi Zubedi kembali menorehkan prestasinya di catwalk internasional. Pasalnya, perempuan yang identik dengan abaya ini akan unjuk gigi di pagelaran New York Fashion Week The Show di Amerika Serikat pada, Minggu (11/02/2018).

Pada koleksinya yang akan dipamerkan, Vivi  yang ditemui gomuslim di Kung Restaurant, Plaza Indonesia, Rabu (31/01/2018) mengatakan akan mengangkat tema “Urang Banua” yang mengangkat kain Sasirangan dan Pagatan khas Kalimantan Selatan.

“Aku akan menampilkan 32 koleksi busana modest, yang mana konsep abaya ala vintage masa lalu akan dipadukan dengan kain tradisional (Sasirangan dan Pagatan) dan kain fashion,” ujar Vivi.

Selain abaya, ia juga mengaplikasikan kain Sasirangan dan Pagatan dalam dress, top, bottom dan outer . Cutting yang digunakan juga khas Vivi Zubedi dengan tambahan aksesoris payet yang seluruhnya berasal dari daerah Kalimantan Selatan.

“Kenapa aku angkat kain Sasirangan dan Pagatan, karena pada saat NYFW tahun lalu banyak orang yang nggak tau asal daerah kain ini, aku penasaran dan langsung mengunjungi daerah asal pembuatan kain di Kalimantan Selatan. Ternyata kain ini memang ngak familiar, hanya kalangan tertentu yang pakai kain ini, seperti PNS setempat atau orang-orang pemkot,” tutur Vivi.

Demi mendapatkan informasi mendalam, Vivi mulai mengeksplore hingga ke pelosok desa terdalam tempat para pengrajin kain Sasirangan dan Pagatan. Vivi mengaku ia mulai melakukan penelusuran dari bulan Oktober sampai Desember 2017 dan hingga kini ia masih rutin mengunjungi Kalimantan.

“Ternyata aku baru tahu kalau proses pembuatan kain ini susah, kain Sasirangan harus dijelujur dengan benang, kemudian setelah proses pewarnaan benang yang dijelujur harus dicabut pakai gunting kuku, dan itu susah, kalau salah-salah akan pengaruh ke warna yang nggak imbang, salut sama semangat ibu-ibu pengrajin di sana,” tutur ibu tiga anak ini.

Bersama e-commerce modest fashion kenamaan Indonesia, HIJUP berkolaborasi dalam penjualan busana modest yang memadukan kain tradisional Sasirangan dan Pagatan karya Vivi Zubedi. Selaras dengan tiga pilar utama HIJUP “Look Good, Feel Good, Do Good” kedua kolaborator ini akan mengenalkan hasil kerajinan dan kebudayaan Indonesia ke mata internasional yang diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan ekonomi pengrajin lokal Indonesia.

Chief Community Officer HIJUP, Hanna Faridl menyambut langkah Vivi memperkenalkan kain tradisional sangat tepat dengan misi HIJUP.

“Kita sebagai mediator sangat mensupport desainer-desainer tanah air untuk pemberdayaan masyarakat lokal, karena memang itulah tujuan HIJUP yang mengedepankan aspek sosial,” ujar Hanna.

Kemudian, tepat 11 Februari mendatang saat Vivi Zubedi tampil di NYFW. Secara bersamaan HIJUP akan meluncurkan koleksi ‘Urang Banua’.

“Kisaran harga mulai dari 300 ribu sampai 2 juta,” pungkas Vivi. (nat/foto:nat)

 

Responsive image
Other Article