:
:
News
Korea Selatan Sediakan Kantin Halal untuk Atlet Muslim di Olimpiade Pyeongchongan 2018

gomuslim.co.id- Pabrik makanan Korea Selatan dan raksasa ritel Shinsegae akan menawarkan atlet Muslim yang bersaing di Olimpiade Musim Dingin bulan depan untuk makan halal setelah mendapatkan sertifikat dari Federasi Muslim Korea untuk kafetaria yang akan dioperasikannya.

"Kami menghadapi berbagai kesulitan dalam mendapatkan sertifikasi karena kami harus dilengkapi dengan sistem manajemen terpisah dalam distribusi, penyimpanan, memasak, dan katering," kata seorang pejabat Shinsegae Food, seperti dilansir dari Korea Times, Selasa, (30/01/2018).

Untuk diketahui, Federasi Muslim Korea adalah sebuah lembaga sertifikasi halal yang diakui oleh Departemen Pengembangan Islam Malaysia (JAKIM). Untuk keefektifan langkah ini, Shinsegae juga telah menandatangani nota kesepahaman dengan Pusat Penelitian Standar Makanan Korea Food Research Institute.

Makanan halal mengacu pada produk makanan yang halal menurut hukum syariah Islam. Muslim dilarang minum alkohol dan makan daging babi atau daging lainnya yang tidak disembelih sesuai pedoman spesifik.

Pertandingan Musim Dingin dijadwalkan berlangsung pada 9-25 Februari 2018 di PyeongChang, sekitar 180 km timur ibukota Seoul, dan kota-kota seperti Gangneung dan Jeongseon yang berdekatan.

Shinsegae akan menyediakan makanan untuk sekitar 10.000 orang di tempat Olimpiade, termasuk atlet, administrator, media, dan personil operasi pada Olimpiade Musim Dingin PyeongChang 2018 di Korea Selatan.

"Meskipun atlet Muslim tidak memperhitungkan sebagian besar dari total delegasi, kami tetap berfokus pada zona makanan halal untuk menghormati beragam budaya dan agama," kata seorang pejabat Shinsegae, mencatat bahwa atlet Muslim hanya akan bermain di sekitar 5% atlet olimpiade.

Sertifikasi halal yang mereka terima baru-baru ini diharapkan dapat meningkatkan ekspansi luar negeri Shinsegae yang telah dimulai di pasar Muslim Asia Tenggara dengan makanan halal berdasarkan makanan tradisional Korea.

Menurut Badan Promosi Perdagangan-Investasi Korea, ukuran pasar makanan halal global diperkirakan akan melampaui USD 2 triliun pada 2020. Sedangkan, Olimpiade Musim Dingin 2018 PyeongChang akan menyambut delegasi dari 94 negara dan juga beragam kelompok wisatawan.

Dari jumlah tersebut, atlet dari 15 negara berpenduduk mayoritas Muslim akan berpartisipasi dalam acara olahraga musim dingin utama ini dari Albania, Azerbaijan, Bosnia dan Herzegovina, Eritrea, Iran, Kazakhstan, Kosovo, Kyrgyzstan, Lebanon, Malaysia, Maroko, Nigeria, Pakistan, Turki, dan Uzbekistan.

Adapun, Komunitas Muslim kecil di Korea Selatan berpusat di ibu kota Seoul dimana ada beberapa masjid. Menurut Federasi Muslim Korea, ada sekitar 100.000 Muslim yang tinggal di negara ini, baik orang Korea, dan orang asing. Mereka berdoa di tidak lebih dari 20 masjid di negara Asia Timur. (fau/koreatimes/dbs/foto: aboutislam)

Responsive image
Other Article
Responsive image
gomuslim
Get it on the play store