:
:
News
Datangi Kantor BPJPH, MUKISI Diskusikan Pelayanan Kesehatan Berbasis Syariah

gomuslim.co.id- Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) menjadi lembaga resmi dari pemerintah yang nantinya mengeluarkan sertifikat halal. Bukan hanya untuk produk makanan dan minuman, lembaga yang terbentuk sebagai amanat UU No. 33 Tahun 2014 ini juga mengurus tentang produk kosmetik, obat-obatan dan pelayanan kesehatan di Rumah Sakit.

Baru-baru ini, Tim Majelis Upaya Kesehatan Islam seluruh Indonesia (MUKISI) mengunjungi kantor BPJPH. Kedatangan mereka diterima langsung Kepala BPJPH, Sukoso beserta jajarannya.

Tim MUKISI yang dipimpin Mashyudi berjumlah lima belas orang ini datang untuk mendiskusikan masalah pelayanan kesehatan berdasarkan konsep syariah. "MUKISI berkomitmen untuk pelayanan kesehatan yang berbasis syariah," jelasnya.

Mashyudi yang juga berprofesi sebagai dokter ini mengatakan, halal menjadi konsep yang harus diupayakan oleh layanan kesehatan. “Konsep halal menjadi hal utama dalam pelayanan di Rumah Syariah,” katanya.

Merespon hal tersebut, Kepala BPJPH, Sukoso menyampaikan tentang pokok-pokok UU JPH. Menurutnya, penyelenggaraan jaminan produk halal bertujuan untuk memberikan kenyamanan, keselamatan, keamanan dan ketersedian produk halal.

Selanjutnya, Sukoso juga menegaskan bahwa kelahiran UU JPH untuk menjamin setiap pemeluk agama beribadah dan menjalankan agamanya. “Dalam hal ini, negara berkewajiban memberikan perlindungan dan jaminan tentang kehalalan produk yang dikonsumsi atau digunakan masyarakat,” ungkapnya.

Selain itu, ia juga menyampaikan bahwa penyelenggaraan JPH juga bertujuan untuk meningkatkan nilai tambah bagi pelaku usaha. Jadi tidak seharusnya para pelaku usaha khawatir sertifikasi halal akan berdampak menurunkan nilai jual produknya. (njs/kemenag)

Responsive image
Other Article
gomuslim
Get it on the play store