:
:
News
Talkshow Sonar Saturday Night: Begini Cara Berdakwah Merangkul di Era Zaman Now

gomuslim.co.id- Berdakwah dan mengajak kepada kebaikan merupakan kewajiban bagi setiap muslim. Namun, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam mengajak kepada jalan Allah SWT ini. Salah satunya dengan cara hikmah dan akhlak yang baik sebagaimana yang dicontohkan Rasulullah Muhammad SAW.

Demikian disampaikan Ustadz Abu Fida dalam Talkshow Sonar Saturday Night (SSN) bertajuk “Way of Life” di Masjid Annashr Bintaro Sabtu (13/01/2018). Kajian yang digagas Sonar bersama Terang Jakarta ini turut menghadirkan publik figur Mario Irwinsyah sebagai narasumber.

Dalam pemaparannya, Ustadz Abu Fida berharap dakwah generasi muda Islam saat ini dapat merangkul semua golongan agar dapat membangkitkan Islam di Indonesia. “Dakwah itu merangkul semua, bukan mengkotak-kotakan golongan. Udah gak masanya kita ribut satu sama lain. Kini saatnya kita bersatu dalam dakwah dan ukhuwah,” pesannya.

Ia juga mengajak agar umat menampilkan dakwah yang ramah bukan dengan menghujat. Menurutnya, menghakimi orang lain karena masa lalunya bukan contoh yang baik karena sejatinya, tugas seorang muslim adalah terus mengajak kepada kebaikan.

“Kita jangan mengambil perannya Allah dengan menghakimi orang. Kita tampilkan dakwah ini dengan senyum merekah, dengan saling menasehati satu sama lain. Kita jaga betul-betul jangan sampai riya muncul. Hindari riya dan kedepankan adab (akhlak),” ujarnya.

Sementara itu, Mario Irwinsyah mengatakan saat ini, media sosial menjadi alat yang cukup efektif dalam menyampaikan pesan-pesan dakwah, khususnya bagi kalangan muda. Menurutnya, cara menyampaikan dakwah pun harus berstrategi.

“Misal dalam bermedia sosial, usahakan setiap postingan kita manfaat dan maknanya. Tentukan target kepada siapa postingan itu kita buat. Kalau ada yang berkomentar negatif, biarkan saja di spam. Kita menegur ada adab yang diajarkan dalam Islam,” paparnya.

Ia menyebutkan, setidaknya ada tiga poin yang paling akrab bagi banyak orang yaitu mengenai percintaan, pekerjaan, dan entertainment (hiburan). Dari tiga jalur inilah, kata dia, dakwah bisa diselipkan. Namun demikian, tetap dengan menunjukan bahwa Islam itu beradab, berakhlak, mempunyai aturan yang baik dalam segala hal.

“Rangkul semua umat Islam, siapa pun. Tunjukan dan kedepankan adab. Lalu cerdas menghadapi masalah, khususnya dalam bersosial media. Kita harus paham adabnya, caranya dalam mengingatkan. Harus mencari bahasa yang sesuai dengan yang dihadapi,” ungkapnya.

Sebagai tambahan, pada sore harinya sebelum Talkshow, panitia menggelar kegiatan Archery Training gratis dan Ice Jacket Challenge. Peserta yang sangat antusias sampai-sampai banyak yang tidak kebagian mencoba karena keterbatasan waktu yang sudah mendekati shalat maghrib. (njs)

 

Responsive image
Other Article
Responsive image