:
:
News
Unik, Sedekah dengan Minum Kopi ala Warga Kalimantan Selatan

gomuslim.co.id- Budaya minum kopi di Indonesia memang sudah ada sejak dahulu. Kedai kopi juga mulai menjamur di berbagai daerah. Salah satunya yang dilakukan oleh Syam Indra Pratama pemilik dari HUDES (dibaca terbalik: seduh) Coffee yang menjadi pelopor kedai kopi khas Kalimantan Selatan pertama di Indonesia dengan nama kopi pengaron. 

Berbeda dengan kedai kopi pada umumnya, Syam memiliki tujuan mulia dengan mendonasikan sebagian penjualan kopinya untuk diberikan kepada yang membutuhkan melalui Laznas LMI. Dengan begitu, kegiatan ngopi bukan hanya sekedar hobi tapi bisa sambil beramal. 

Kopi racikannya memang bukan sembarangan. Sebab, rasanya khas. Sedangkan, seduhan kopinya diolah khusus oleh baristanya. Karena itu, aroma dan cita rasa kopi lokal itu lebih spesial.

"Kopi Pengaron ini biji kopi jenis robusta. Tumbuh di sebagian daerah Kabupaten Banjar, tepatnya di daerah Pengaron," ujar Syam.

Dirinya mengaku bahwa warga povinsi Kalimantan Selatan menjadikan kopi sebagai minuman yang sangat digandrungi. Tidak terbatas status sosial dan usia. Kopi menjadi semacam pemersatu dan pencair suasana. 

“Dari situ saya ingin mengangkat martabat kopi lokal. Karena, potensi sumber daya kopi Kalimantan Selatan tidak kalah dengan daerah lain,” tandasnya.

Selain itu, Syam juga berkeinginan dapat mensejahterakan petani kopi di Kalimantan Selatan dengan mendirikan HUDES Coffee. Kedai kopi itu beralamat di Jalan Cemara Raya, Banjarmasin Utara.

Hobi dan passionnya di bidang kopi, tak hanya  sekedar membuat cafe seperti orang pada umumnya. Dia ingin memberi nilai lebih dengan beramal.

"Alhamdulillah, pada Jumat  (05/01/2017) donasi pertama HUDES coffee di Program Minum Kopi Sambil Amal yang digagas oleh LMI, kami setorkan kepada LMI Kalsel. Semoga berkah dan bermanfaat," kata dia. 

Menanggapi niat baik Syam, Kepala Kanwil LMI Kalsel, Khoirul Nur Mustaqim berharap dengan kedai kopi HUDES dapat mensejahterakan petani kopi di Kalimantan Selatan.

"Semoga HUDES Coffee dapat mensejahterakan petani kopi di Banua serta memotivasi owner kedai kopi di seluruh Indonesia untuk semangat beramal," tandasnya. (nat/dbs/foto:hudescoffee)

 

Responsive image
Other Article
Responsive image
gomuslim
Get it on the play store