:
:
News
Sambut Pergantian Tahun, Kemenag dan Pemprov DKI Gelar Nikah Massal

gomuslim.co.id- Awali tahun 2018, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta bekerjasama dengan Kanwil Kemenag menggelar program nikah massal. Sebanyak 437 pasang pengantin melaksanakan ijab kabul di malam perayaan malam tahun baru.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan pelaksanaan nikah massal ini adalah salah satu bentuk penunaian tugas pemerintah untuk memberikan pelayanan pencatatan administratif kepada warga Jakarta.  Program nikah massal ini pencatatan nikah seluruh pasangan pengantin melalui Sistem Informasi Manajemen Nikah (SIMKAH).

“Secara khusus kami mengucapkan terimakasih kepada Kanwil Agama Provinsi DKI Jakarta, dan Dirjen Bimas Islam Kementerian Agama yang telah membantu memudahkan proses administrasi pelayanan para calon penganten ini,” ujar Anies di lokasi nikah massal Park Ride, Jalan Thamrin 10, Minggu (31/12/2017) malam.

Agenda nikah massal ini menjadi pembeda pada penyambutan malam tahun baru sebelumnya. Selain merayakan keberhasilan hasil kerja selama satu tahun dan bersiap menyambut tahun mendatang, malam tahun baru 2018,  DKI Jakarta juga menyambut ratusan pasangan pengantin baru.

“Malam ini sangat unik, kita tidak hanya akan menyambut tahun yang baru. Tapi kita juga akan menyambut 437 pasangan penganten baru di Provinsi DKI Jakarta,” tambahnya.

Di pihak lain, Kepala Kanwil Kemenag Provinsi DKI Jakarta Saiful Mujab menjelaskan bahwa untuk mendukung kegiatan nikah massal, pihaknya telah menurunkan 100 penghulu dari seluruh DKI Jakarta.

“Satu orang penghulu malam ini menikahkan empat sampai lima pasang calon penganten,” ujar Saiful Mujab.

Sebelum pelaksanaan, pihak Kemenag melalui KUA Menteng telah memeriksa kelengkapan administrasi seluruh pasangan pengantin. Setelah berkas administrasi lengkap dan terinput ke dalam SIMKAH, maka para calon pengantin berhak mengikuti nikah massal.

“Meskipun ini adalah nikah massal, tapi kami memastikan kelengkapan administrasi telah terpenuhi,” pesan Mujab. (nat/kemenag/dbs/foto:idnnews)

Responsive image
Other Article
Responsive image
gomuslim
Get it on the play store