:
:
News
Dapur Umum ACT Indonesia Siapkan Ribuan Paket Makanan untuk Pasien Rumah Sakit di Gaza

gomuslim.co.id- Mitra Aksi Cepat Tanggap (ACT) mengabarkan langsung dari Gaza, tentang kondisi terkini beberapa rumah sakit yang tersebar di seantero Gaza. Kabarnya, sudah sejak beberapa bulan terakhir, ratusan rumah sakit di Gaza tak bisa memenuhi permintaan untuk menyiapkan menu-menu makan untuk pasien.

“Kondisi ekonomi semakin sulit. Pendataan kami menunjukkan sedikitnya ada delapan rumah sakit di Gaza tak bisa lagi menyediakan makan untuk para pasiennya. Selama proses penyembuhan si pasien tidak ada asupan gizi yang bisa disuplai oleh sumber daya di rumah sakit,” ujar Abu Muhammad (nama disamarkan, -red) mitra ACT di Gaza, Kamis (28/12/2017).

Bahkan, Muhammad menambahkan secara khusus Kementerian Kesehatan Palestina mengeluarkan permohonan, agar semua pekerja kemanusiaan di Gaza membantu menyiapkan makanan untuk ribuan pasien.

Bergerak cepat menjawab permohonan khusus ini, Dapur Umum Indonesia untuk Gaza kembali mengepulkan harum sedap nasi dan berbagai macam lauk. Kali ini, ribuan paket nasi dan lauk menjadi santapan terbaik untuk ribuan pasien di beberapa rumah sakit yang berbeda, di seantero Gaza.

Menjadi inisiator Dapur Indonesia untuk Gaza, sudah sejak Senin (25/12) kemarin, puluhan relawan ACT menyiapkan tak kurang 1.000 paket makanan siap santap untuk setiap rumah sakit (3x sehari). Makanan siap santap ditujukan khusus untuk pasien dan karyawan rumah sakit.

Andi Noor Faradiba dari Tim Global Humanity Response (GHR) - ACT menjelaskan, setiap harinya tak kurang 1.000 paket makanan sebanyak tiga kali sehari, disiapkan masing-masing untuk tiap rumah sakit dari dapur umum ACT di Gaza.

“Sampai beberapa hari sejak tanggal 25 Desember kemarin. Ribuan paket makanan dari dapur ACT di Gaza menyiapkan 1.000 paket makanan untuk pasien dan staf di Rumah Sakit Kamal Naser Khanyounis, juga 1.000 paket makanan lagi untuk European Hospital di Southern Governate Gaza,” ujar Faradiba.

Abu Muhammad menceritakan, setiap harinya ribuan paket makanan disalurkan satu persatu dari satu ruang rawat pasien ke ruang rawat lainnya. Relawan ACT di Gaza membawa satu persatu paket makanan siap santap dan buah-buahan itu untuk tiap pasien yang terbaring di ranjang.

"Dari mulai pasien balita, anak-anak sampai dewasa merasakan nikmatnya gizi lengkap dari menu makanan yang dimasak langsung di dapur umum ACT. Sudah berbulan-bulan tidak ada asupan makanan yang disiapkan oleh rumah sakit karena keterbatasan sumber daya rumah sakit,” ujar Muhammad.

Tak hanya sehari – dua hari saja, distribusi makanan untuk pasien rumah sakit di Gaza InsyaAllah bakal dilakukan terus menerus. “Dapur Umum Indonesia di Gaza akan terus mengepul, menyiapkan ribuan paket makanan untuk rumah sakit, juga sekolah, juga ke masjid, dan ke pemukiman-pemukiman padat penduduk di Gaza,” pungkas Faradiba. (njs/act)

Responsive image
Other Article
gomuslim
Get it on the play store