:
:
News
Warga Muslim Burundi Afrika Timur Rilis Terjemahan Alquran dalam Bahasa Kirundi

gomuslim.co.id- Berkat upaya asosiasi warga Muslim Burundi, Afrika Timur, sebuah versi terjemahan Alquran yang baru diterjemahkan ke dalam Kirundi resmi diluncurkan. Bahasa tersebut merupakan  satu dari dua bahasa resmi negara Afrika Timur.

"Ini adalah peristiwa besar bagi kami karena kami menerima terjemahan pertama Alquran dalam bahasa Kirundi. Ini adalah yang pertama sejak diperkenalkannya Islam ke Burundi, “ kata Sheikh Sadiki Kajandi, Ketua Komunitas Islam Burundi, seperti dilansir dari publikasi Anadolu Agency, Rabu, (27/12/2017).

Penerjemahan Alquran dilakukan oleh Asosiasi LSM setempat  bernama AMES bekerjasama dengan asosiasi warga Muslim Burundi. Proses penerjamahan tersebut membutuhkan waktu delapan tahun.

"Kami berterima kasih kepada semua Muslim dan non-Muslim, termasuk profesor universitas, yang berkontribusi dalam proses pembuatan Alquran yang dapat diakses di Kirundi," kata Ketua AMES Sheikh Abdi John Habonimana.

Untuk diketahui, bahasa Kirundi dituturkan di Burundi, juga di bagian Tanzania, Republik Demokratik Kongo, dan Uganda. Sedangkan, komunitas Muslim menyumbang 10 persen dari total populasi Burundi yang berjumlah 11 juta penduduk.

Warga Muslim tersebut  tinggal di daerah perkotaan seperti Gitega dan Rumonge dan juga ibukota Bujumbura, yang memiliki komunitas Muslim yang kuat. Mereka  didominasi oleh pedagang Afrika Barat dari Senegal, Niger, Guinea, dan Mali. Menurut sejarawan, Islam tiba di Burundi sekitar abad ke-19. (fau/dbs/foto: APctvnews)

 

Responsive image
Other Article
Responsive image