:
:
News
Travel Blogger: Museum Tsunami Aceh Simpan Kenangan Istimewa

gomuslim.co.id- Kisah pilu bencana tsunami 13 tahun silam membawa kenangan tersendiri bagi masyarakat Indonesia. Hal tersebut juga dirasakan oleh seorang travel blogger Velysia Zhang.

Gadis kelahiran 1992 ini berbagi pengalaman spiritualnya saat mengunjungi Museum Tsunami Aceh. Menurut Velysia, penduduk Aceh merupakan masyarakat yang Islami dan ramah karena itulah dia mengaku betah berlama-lama di daerah yang biasa disebut tanah rencong itu.

"Semua yang ada di Aceh istimewa, tapi yang paling berkesan menurut saya adalah Museum Tsunami," ujar Velysia, Selasa (26/12/2017).

Kunjungan Velysia ke Aceh kala itu membawa dirinya mendapatkan kenangan tentang para korban dan seolah merasakan dirinya berada di lokasi saat kejadian.

Lebih lanjut, ia menceritakan ada ruangan penuh dengan diorama, setiap ruang mendidik pengunjung akan informasi tentang tsunami. Ruang audio untuk menyaksikan kilas baliknya, ada kesan spiritual bagi saya.

"Awal masuknya ada lorong dengan air mengalir jadi kita merasakan seberapa tingginya tsunami saat itu," kata Velysia.

Sedangkan, hal yang membuatnya tersentuh adalah adanya satu ruangan dengan nama-nama korban tsunami. Dalam ruangan itu juga terdapat alunan lagu dan sayup-sayup doa yang menyentuh hati.

Velysia lalu menggambarkan apa saja yang ada di dalam museum tersebut, sepeti ruangan yang penuh dengan sejumlah bendera dari negara-negara yang telah membantu Aceh usai bencana dahsyat mematikan yang terjadi 13 tahun silam.

Hal inilah yang menjadi salah satu blogger yang telah aktif berwisata keliling Indonesia hingga mancanegara sejak masih kuliah itu.

"Awal ketertarikan saya ke Aceh adalah Pulau Weh. Pantainya indah dan suasananya tenang," tukas Velysia. (nat/dbs/foto:panduanjalanjalan)

 

Responsive image
Other Article