:
:
News
Dompet Dhuafa Dorong Penguatan Ekonomi Masyarakat Lewat Konsep Klaster Mandiri

gomuslim.co.id- Dompet Dhuafa terus berupaya mendorong penguatan ekonomi masyarakat miskin. Salah satunya adalah dengan konsep klaster mandiri. Lewat konsep ini, program pemberdayaan harus bisa menguatkan ekonomi Rumah Tangga dan memperluas akses ke pasar.

Demikian disampaikan Direktur Utama Dompet Dhuafa Filantropi, Imam Rulyawan dalam seminar Poverty Outlook 2017 di Museum Kebangkitan Nasional, Kamis (21/12/2017). Ia menjelaskan bahwa Dompet Dhuafa memiliki banyak program terintegrasi di wilayah pedesaan.

“Melalui program ini Dompet Dhuafa memberdayakan masyarakat melalui program kesehatan, pendidikan, agama dan ekonomi secara terintegrasi, sehingga masyarakat desa sebagai unit-unit produksi bisa mandiri secara perekonomian,” ujarnya.

Ia menjelaskan hubungan antara pertumbuhan ekonomi dengan melebarnya ketimpangan itu erat terkait. Pertumbuhan ekonomi yang tinggi, kata dia, tidaklah otomatis menjamin tingkat distribusi kue ekonomi secara adil terhadap seluruh lapisan masyarakat. “Biasanya justru sekelompok kecil “The Haves” lah yang banyak menikmatinya”, papar Imam.

Menurutnya, penyediaan infrastruktur dasar yang ditujukan untuk kelompok miskin memiliki peran penting dalam meningkatkan kualitas modal manusia. Sehingga secara efektif hal ini akan memutus rantai kemiskinan.

Ia menambahkan, dalam kenyataannya, penyediaan infrastruktur kesehatan dan pendidikan dasar belum tersedia secara merata. Seringkali pula dengan kualitas yang tidak memadai.  Ketersediaan infrastruktur untuk si miskin juga sangat timpang antar daerah.

“Untuk itu, Dompet Dhuafa akan tetap fokus dalam pemberdayaan wilayah desa, terluar, termiskin, terbelakang dengan tetap bertumpu pada lima pilar pemberdayaan kesehatan, pendidikan, ekonomi, budaya dan agama. Kami menargetkan 100 Desa di wilayah Indonesia dengan memakai indikator keberhasilan Desa Development (DD) Index yang sedang kami kembangkan,” tutupnya. (njs/dd) 

Responsive image
Other Article
Responsive image
gomuslim
Get it on the play store