:
:
News
Baznas Kota Tarakan Kembali Gelar MTQ Mualaf

gomuslim.co.id- Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Tarakan kembali menggelar Musabaqah Tilawati Quran (MTQ) Mualaf tahun 2017 akhir pekan lalu. Kegiatan tahunan yang ketiga ini  berlangsung Masjid Agung Al-Ma’arif dan gedung Sekretariat Baznas Tarakan

Adapun peserta MTQ Mualaf tahun ini  diramaikan oleh sekitar 35 peserta dari kelompok mualaf se-Kota Tarakan. Mereka turut berpartisipasi dalam berbagai cabang lomba yang dilaksanakan panitia yaitu tilawah, tahfiz, lomba azan, salat berjamaah, kultum dan testimoni hidayah.

Dalam sambutannya, Ketua Panitia MTQ Mualaf Baznas Tarakan Nur Ali, S.Ag menuturkan seluruh rangkaian acara pembukaan di Masjid Agung Al-Ma’arif.  Sedangkan kegiatan lomba dan pembagian hadiah hingga penutupan di gedung Baznas Tarakan.

“Alhamdulillah semuanya berjalan lancar sesuai agenda yang sudah direncanakan. Pihak panitia dan dewan hakim menyimpulkan kompetisinya semakin ketat dan berkualitas dari tahun ke tahun. Ini terlihat semua pesertanya terus menampilkan yang terbaik dan berusaha untuk meraih juara,” kata Nur Ali.

Menurut pegawai Kementerian Agama yang diperbantukan di Baznas Tarakan tersebut, misi dari pelaksanaan MTQ yang terbilang unik dan satu-satunya di Indonesia itu masih dalam konteks program pembinaan mualaf. 

“Sebetulnya misi dari kegiatan MTQ ini adalah bagian dari program pembinaan mualaf yang dilaksanakan oleh Baznas Tarakan. Proses jangka panjangnya adalah mereka dibina melalui pengajian rutin di setiap kecamatan,” jelasnya.

Ia menuturkan, ada kelompok pengajian mualaf yang dibuka di setiap kecamatan dengan kegiatan pokoknya adalah belajar mengaji dan mendalami ilmu-ilmu keagamaan.  “Nah, sebagai motivasi belajar buat mereka dan sekaligus mengukur tingkat kemajuan pembelajaran mereka maka Baznas Tarakan menggelar MTQ sebagai agenda tahunan khusus untuk mualaf,” katanya.

MTQ Mualaf kali ini dibuka secara resmi oleh Wakil Wali Kota Tarakan H. Khaeruddin Arief Hidayat, SE, M.Si dan dirangkaikan acara peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW dengan penceramah Ketua MUI Kota Tarakan K.H. Muhammad Anas L. (njs/radar tarakan/dbs) 

Responsive image
Other Article
Responsive image
gomuslim
Get it on the play store