:
:
News
Pemerintah Arab Saudi Permudah Jemaah Seluruh Dunia dengan Visa E-Haj

gomuslim.co.id- Permintaan ibadah umrah dan haji kian naik setiap tahun. Untuk memudahkan calon jemaah, pihak Arab Saudi siap mengimplementasikan visa e-Haj di seluruh dunia mulai tahun ini. Negara-negara di seluruh dunia kini bisa mengajukan perjanjian untuk ibadah haji pada sistem visa elektronik.

Menurut Kementerian Haji, Saudi ingin agar sistem visa haji bisa terintegrasi untuk memastikan pelaksanaan ibadah haji yang nyaman dan bebas dari kerumitan. Pertemuan tingkat tinggi digelar pada Ahad lalu untuk membahas strategi implementasinya.

Wakil Menteri Haji dan Umrah Dr. Abdul Fattah Mashat mengatakan pihaknya ingin memastikan jemaah haji nyaman selama ziarah mereka di kerajaan mulai dari embarkasi hingga kunjungan ke tempat-tempat suci, melakukan ritual dan sampai kembali ke rumah.

E-visa telah terintegrasi dengan berbagai instansi pemerintah. Juga memungkinkan kementerian untuk melacak layanan yang diberikan kepada peziarah,” ujar Abdul seperti yang dilansir dari publikasi Saudi Gazette, Selasa (19/12/2017).

Adapun sistem e-Haj ini sudah diujicoba sejak pelaksaaan haji tahun lalu. Kementerian Haji dan Umrah berhasil menerapkannya pada Malaysia, India dan Indonesia dan beberapa negara lainnya.

Abdul menambahkan, E-visa ini tidak bersatu dengan paspor melainkan dalam format halaman ukuran A-4 yang terpisah. E-visa berisi semua rincian peziarah dan sistem barcode yang memungkinkan pihak berwenang memeriksa gerakan peziarah mulai dari kedatangan sampai keberangkatan.

Untuk menghindari keterlambatan dalam prosedur imigrasi pada saat kedatangan, kerajaan juga menghubungkan sistem visa elektronik untuk menyelesaikan prosedur imigrasi bagi peziarah haji di titik embarkasi mereka di negara asal. Ini terbukti berhasil di beberapa negara.

Sementara itu, jemaah haji Malaysia telah mengujicoba sistem ini melalui sistem Proof of Concept (POC) untuk pra-izin sebelum keberangkatan mereka ke Saudi. India dan Malaysia telah berhasil mengimplementasikan sistem e-Haj.

Dengan sistem visa elektronik yang baru, data dan foto jemaah bisa dipindai dan seluruh rencana perjalanan mereka langsung terlihat. “Ini memudahkan semua pemangku kepentingan juga untuk menghindari jemaah yang tersesat,” kata dia.

Menurut pejabat Kementerian Haji, sistem baru tersebut juga akan membantu merampingkan transportasi internal dan pengelompokan jemaah haji. (nat/saudigazette/dbs/foto:alamintours)

Responsive image
Other Article
Responsive image
gomuslim
Get it on the play store