:
:
News
Wali Kota London Luncurkan Arsip Serajah Islam di Masjid London Timur Inggris

gomuslim.co.id- Baru-baru ini, Sadiq Khan, Wali Kota London meluncurkan arsip masjid pertama di negara Inggris dengan membuka ruang baru di Masjid London Timur dan mengatakan kepada Muslim Inggris "keakraban dengan sejarah kita membebaskan kita dari narasi palsu".

Di arsip masjid pertama di negara itu, dipamerkan warisan Muslim Inggris yang membuktikan bahwa menjadi Muslim sekaligus Inggris tidak menjadi masalah.

"Selama 110 tahun sampai sekarang telah ada Muslim di London Timur, dan ini menunjukkan bahwa Anda bisa menjadi Muslim dan Anda bisa menjadi orang Inggris, Anda bisa menjadi orang Barat dan Anda bisa mengikuti iman Islam," kata Walikota, seperti dilansir dari publikasi MySalaam, Rabu, (29/11/2017).

 Dia kemudian menambahkan bahwa Inggris tidak akan menjadi negara bebas saat ini bukan untuk Muslim. "Salah satu alasan bahwa Perang Dunia I dan Perang Dunia II berakhir dengan sekutunya sebagai pemenang karena kontribusi yang dibuat oleh umat Islam di seluruh dunia, “ katanya.

Selain itu, Khan juga berharap Masjid London Timur ini akan menjadi sumber inspirasi bagi masjid-masjid Inggris lainnya untuk mengembangkan sistem serupa. "Semoga  Masjid London Timur berbagi beberapa pengetahuan mereka dengan masjid lain dan bisa meniru program kami, “ harapnya.

Secara total, koleksi arsip berisi sekitar 250.000 dokumen yang terkait dengan warisan Muslim Inggris, yang paling awal terhitung sejak tahun 1911. Ini termasuk dokumen yang merinci fungsi dan aktivitas di Masjid dan Pusat komunitas Muslim London melalui foto dan dokumen lainnya. Ada  acara pernikahan, naskah pers dan rencana arsitektur.

Beberapa dokumen yang sangat menarik termasuk koleksi surat-surat yang ditulis oleh Muhammad Marmaduke Pickthall, penerjemah Alquran dan Muslim yang terkenal, dan catatan Dana Pemakaman Muslim Indigent, satu set uang yang disiapkan untuk mendukung Muslim Inggris yang miskin yang tidak memiliki sarana finansial untuk mengubur jenazah keluarga mereka saat itu.  (fau/mysalaam/dbs)

 

Responsive image
Other Article
Responsive image