:
:
News
Gelar Ceramah Open Air Dua Hari, Akademi Dakwah Nigeria Sebut 82 Non-Muslim Masuk Islam

gomuslim.co.id- Geliat dakwah Islam di Nigeria terus menunjukan citra positif dalam beberapa tahun terakhir. Hal ini terlihat dari peningkatan populasi muslim di Negara bagian barat benua Afrika tersebut. Bahkan, baru-baru ini dikabarkan 82 warga non Muslim menyatakan masuk Islam pada saat kegiatan di Modakeke, Negara Bagian Osun.

Kegiatan ceramah Islam ‘open-air’ yang digagas Akademi Dakwah Nigeria (AKADIP) ini berlangsung pada pada 17 sampai 18 November 2017 lalu. Acara ini meraih sukses besar karena pada puncaknya ke-82 non muslim tadi bersyahadat, menyatakan diri masuk Islam dalam waktu hanya dua malam.  

“Dalam sejarah selama dua puluh tiga tahun ACADIP menggelar khutbah umum, kami belum pernah menyaksikan perubahan besar dan monumental semacam ini. 82 orang masuk Islam hanya dalam waktu dua malam. Ini adalah ‘perubahan besar-besaran,” tulis organisasi tersebut dalam websitenya seperti dilansir dari publikasi Aboutislam, Selasa (28/11/2017).

Adapun ceramah open-air selama dua hari ini merupakan yang terbaru dalam serangkaian acara yang digelar ACADIP pada bulan November ini. Menurut laporan, jumlah orang baru yang masuk Islam selama rangkaian ceramah November-Desember ini meningkat menjadi 124 orang.

Islam di Nigeria

Sekadar informasi, Nigeria adalah negara yang memiliki jumlah populasi Muslim terbesar di Afrika Barat. Pew Research Center memperkirakan pada 2010 terdapat 48,5 persen Muslim di Nigeria dari keseluruhan jumlah penduduk. Angka ini mengalami penurunan dari 2009 yang berjumlah 50,4 persen. Muslim di Nigeria didominasi Suni bermazhab Maliki.

Islam pertama kali tiba di Nigeria pada abad ke-9. Arsip Keagamaan menunjukkan Islam telah diadopsi sebagai agama mayoritas tokoh terkemuka di Kekaisaran Bornu pada masa pemerintahan Mai (Raja) Idris Alooma yang menjabat 1571-1603. Meskipun pada saat itu sebagian besar warga Nigeria masih menganut agama tradisional.

Agama ini telah menyebar ke kota-kota besar dari bagian utara negara itu pada abad ke-16, kemudian pindah ke pedesaan dan menuju dataran tinggi Sabuk Tengah. (njs/aboutislam/dbs/foto:acadip)

  

Responsive image
Other Article
Responsive image
gomuslim
Get it on the play store