:
:
News
Hari Ini, Dewan Masjid Indonesia Gelar Muktamar VII di Asrama Haji Pondok Gede

gomuslim.co.id- Sebagai organisasi tingkat nasional, Dewan Masjid Indonesia (DMI) mempunyai peran penting untuk menjadikan masjid sebagai pusat ibadah, pengembangan masyarakat dan persatuan umat. Hari ini, Sabtu (11/11/2017) DMI akan menggelar Muktamar VII Tahun 2017 di Asrama Pondok Gede, Jakarta Timur.

Rencananya, Muktamar yang mengangkat tema besar “Mantapkan Akselerasi Memakmurkan dan Dimakmurkan Masjid” ini akan berlangsung hingga Ahad (12/11/2017). Wakil Presiden RI Sekaligus Ketua Umum DMI, M Jusuf Kalla dijadwalkan membuka kegiatan ini secara resmi. Menurut Sekretaris Jenderal DMI, Imam Addaruqutni, isu-isu krusial nasional bakal menjadi pembahasan dalam muktamar tersebut.

"Isu-isu krusial dan strategis keputusan, baik yang terkait internal organisasi maupun eksternal organisasi, termasuk dinamika umat dan bangsa terkini, akan dibahas dan diputuskan oleh peserta muktamar," ujarnya.

Ia berharap dengan adanya konsolidasi organisasi di muktamar tersebut diharapkan dapat lebih memakmurkan masjid di Indonesia. "Dengan konsolidasi organisasi yang mantap maka program pemberdayaan itu akaj menggelinding semua dari pusat sampai daerah. Konsolidasi yang sudah hidup ini mudah-mudahan ini juga akan memberdayakan semua program nanti," katanya.

Selain itu, menurut dia, ke depannya DMI juga akan memberdayakan masjid dengan memanfaatkan teknologi informasi yang ada saat ini. Dengan demikian, masjid-masjid akan terdata semua, sehingga bisa mengambil peran dalam memakmurkan masjid.

"Karena kita sudah hidup di era jaringan digital ini, maka DMI di antaranya akan mengambil posisi yang lebih memainkan peran tekoonologi ini lebih positif lagi. Ini juga mengundang peran serta generasi muda," ucapnya.

Kata Imam, saat ini, DMI telah mempunyai aplikasi yang dapat medata masjid-masjid di seluruh Indonesia dan dapat didownload di aplikasi play store dengan nama Dewan Masjid. Namun, kata dia, hingga saat ini baru sekitar 10.000 masjid yang terdata.

"Dari situ kemudian akan kita dapatkan data masjid secara akurat, baik namanya, alamatnya, dan kapasitas masjidnya. Itu akan kita sampaikan di Muktamar juga, ada slot untuk itu," katanya.

Sekadar informasi, acara ini rencananya akan diikuti oleh sekitar 1.300 muktamirin. Terdiri dari seluruh Pimpinan Wilayah (PW DMI) seluruh propinsi dan Pimpinan Daerah (PD DMI) seluruh Kabupaten/Kota seluruh Indonesia. Serta tamu-tamu undangan dan perwakilan pengurus Masjid Raya di tingkat provinsi.

Selain itu, ada pula kegiatan pameran yang akan menghadirkan Halal Weekend Market (Pasar Halal Akhir Pekan), Creative Design Competition (Kompetisi Cipta Kreatif), Performing Art (Pentas Seni dan Tari), Community Gathering (Silaturrahim Komunitas), dan Children Competition (Perlombaan Khusus Anak-anak). (njs/dbs/foto:dmi)

Responsive image
Other Article
Responsive image
gomuslim
Get it on the play store