:
:
News
Wapres Imbau Santri Ikuti Sunah Rasul dengan Berdagang di Puncak ISEF

gomuslim.co.id- Salah satu pekerjaan yang dianjurkan dalam Islam adalah berdagang. Dalam kunjungannya, Wakil Presiden RI Jusuf Kalla (JK) mengajak para santri menjalankan salah satu sunah Rasul, yakni berdagang. Hal itu disampaikan di puncak gelaran Indonesia Shari'a Economic Festival (ISEF) Tahun 2017 di Grand City, Surabaya, Kamis (09/11/2017).

"Saya mengajak para santri untuk mulai usaha dengan berdagang. Berdagang yang halal dan sesuai ajaran sunah Rasul," ujar Wapres.

Kata Wapres, salah satu kelemahan umat Islam di Indonesia adalah di bidang ekonomi, khususnya dalam hal perdagangan. "Padahal ajaran Islam dikatakan bahwa, 9 dari 10 pintu rezeki berasal dari perdagangan," kata dia.

Sementara itu, dengan adanya kegiatan ISEF yang ke-4, diharapkan dapat memberikan semangat untuk memulai usaha dengan cara yang benar dan syar'i. Dalam mengukur kemajuan ekonomi, tidak hanya dilihat dari angkanya, tapi juga sistemnya yang halal.

Melalui gelaran ini pengunjung dijak untuk melihat konsep syariah bahwa tidak serumit yang dibayangkan. Selama yang dijual tidak haram dan riba, maka semua itu halal. ISEF ini juga memberikan manfaat dalam mewujudkan keadilan dan kemakmuran bagi bangsa serta bentuk menjalankan perintah sesuai tuntutan Tuhan Yang Maha Esa.

"Mari kita sambut festival ini dengan semangat untuk mulai berdagang. Jangan sampai semangat ISEF hanya dibicarakan saja tanpa bukti nyata," jelasnya.

Selain Wapres JK, puncak gelaran ISEF ke-4 di Surabaya ini juga dihadiri oleh Gubernur Bank Indonesia Agus Martowardojo, Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin, Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional Bambang Brojonegoro, Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Wimboh Santoso, Gubernur Jawa Timur Soekarwo, Kapolda Jatim, Pangdam V Brawijaya, pejabat, akademisi, hingga praktisi ekonomi Islam internasional. (nat/dbs/foto:republika)

 

Responsive image
Other Article
Responsive image