:
:
News
Berubah Jadi Hotel Syariah, Ini Konsep Baru Wisma Jakarta Islamic Center

gomuslim.co.id- Wisma yang berlokasi di Jakarta Islamic Center (JIC), Koja, Jakarta Utara, akan diubah oleh Pemprov DKI Jakarta menjadi hotel syariah. Intruksi ini diarahkan langsung oleh Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta kepada Dirut PT Jakarta Tourisindo (JakTour) Jeffrey Rantung.

"JIC menjadi salah satu tujuan yang memang kami mendapat arahan langsung dari Pak Gubernur dan Wagub untuk bisa kami kelola. Kalau teman-teman pernah ke sana (JIC), di sana ada satu fasilitas, diaattachednempel sama masjid dan di situ Insyaallah bisa dijadikan hotel syariah," ujar Jeffrey di Balai Kota DKI Jakarta, Rabu (08/11/2017).

Dikatakan Jeffrey, selama ini fasilitas yang ada di kawasan JIC kerap dipakai untuk sejumlah kegiatan, seperti pelatihan Dinas Sosial DKI Jakarta sampai manasik haji. Namun wismanya tidak dikelola secara paten menjadi sebuah perhotelan.

"Cuma memang selama ini rupanya tidak dikelola secara rutin menjadi tempat akomodasi hotel. Nah, itu yang ditawarkan oleh kami," ujar Jeffrey.

Jeffrey pun mengklaim sudah menyusun standard operating procedure (SOP) hotelnya. Pihaknya sudah menyiapkan SOP, baik secara untuk human resources-nya, dan untuk training-nya.

“Keseluruhan nantinya akan berkonsep Islamilah,” kata dia.

Jeffrey menjelaskan salah satu konsep hotel syariah adalah setiap pasangan yang hendak menginap harus menunjukkan buku nikah. Rencananya, kamar dan liftnya juga akan dipisah sesuai jenis kelamin.

"Nanti, begitu masuk hotel, biasanya tidak perlu menunjukkan buku nikah, kali ini harus bisa menunjukkan jika dia suami-istri," pungkas Jeffrey.

Adapun hal lainnya adalah toilet dan lift, keduanya akan dipisahkan antara laki-laki dan perempuan. (nat/dbs/foto:jakartaobserver)

Responsive image
Other Article
Responsive image