:
:
News
Penyair Muslimah Asal Somalia Ini Menangkan Hadiah Nobel Sastra di Kanada

gomuslim.co.id- Baru-baru ini, seorang Muslimah  asal Somalia telah memenangkan hadiah utama untuk penulisan tentang agama. Dia adalah Rowda Mohamud yang memenangkan Ross dan Davis Mitchell Prize untuk Faith and Writing bulan lalu untuk koleksinya Please Find Yourself a Space, sebuah kumpulan puisi yang mencerminkan pengalamannya akan keyakinanpada agama  Islam, rasisme, Islamofobia dan identitas sebagai wanita Muslim di Kanada.

Penyair Muslim tersebut menerima hadiah USD 10.000 di Museum Aga Khan Toronto pada 30 Oktober 2017. Dalam sebuah wawancara dengan CBC, Rowda mengatakan bahwa neneknya telah menginspirasinya untuk mengembangkan kecintaannya terhadap bahasa.

"Saya belajar tentang keindahan bahasa, pada karya puisi tersebut saya menulis tentang nilai kebaikan, keyakinan, dan kasih-sayang dengan kata-kata yang indah lewat puisi, “ paparnya.

Rowda mengaku belajar sastra dari sang nenek. Kata Rowda, ia sangat terinspirasi dari sang nenek yang begitu mencintai membaca dan menulis, sehingga sejak kecil ia diajarkan mencintai sastra.

Hadiah sastra diberikan kepada penulis cerita pendek dan puisi yang fokus pada tema agama di Kanada. Hadiah tersebut didirikan oleh think tank Cardus, yang didedikasikan untuk pembaharuan arsitektur sosial Amerika Utara.

Selain aktif menulis karya fiksi, Rowda juga bekerja sebagai konsultan manajemen dan juga ibu dari seorang anak perempuan. Ia datang ke Ottawa, Kanada bersama keluarganya sekitar 20 tahun yang lalu sebagai pengungsi dari Somalia. Saat ini Rowda dan keluraganya tinggal di Oakville. (fau/muslimlink/dbs)

 

Responsive image
Other Article
Responsive image
gomuslim
Get it on the play store