:
:
News
Gencar Garap Pasar Saham Syariah, MNC Sekuritas Buka Point of Sales Syariah di Dua Kampus Islam

gomuslim.co.id- Potensi saham syariah untuk terus berkembang di Indonesia sangat besar. Hal ini didukung dengan besarnya populasi penduduk muslim di Tanah Air. Hal inilah yang dimanfaatkan PT MNC Sekuritas untuk terus melakukan ekspansi ke seluruh penjuru negeri dengan cara membuka point of sales syariah.

Baru-baru ini, MNC Sekuritas MNC Sekuritas meresmikan galeri investasi syariah Bursa Efek Indonesia (BEI) di Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Syekh Nurjati Cirebon pada tanggal 1 November 2017. Lalu di Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak, Kalimantan Barat pada Kamis, (2/11/2017).

Peresmian GIS BEI IAIN Syekh Nurjati Cirebon ditandai dengan seremoni pengguntingan pita. Kemudian, penandatanganan piagam kerja sama yang dilakukan oleh Rektor IAIN Syekh Nurjati Cirebon DR. H. Sumanta, M.Ag, Kepala Pengembangan Wilayah Area I Bursa Efek Indonesia Dedy Priadi, dan Head of Investment Gallery MNC Sekuritas Andri Muharizal.

Dalam sambutannya, Head of Investment Gallery MNC Sekuritas Andri Muharizal, MNC Sekuritas berupaya menjangkau berbagai wilayah Indonesia dalam rangka peningkatan literasi pasar modal syariah melalui peresmian GIS dan seminar pasar modal syariah yang berkelanjutan.

GIS BEI IAIN Syekh Nurjati Cirebon merupakan Galeri Investasi ke-60 MNC Sekuritas, sekaligus point of sales MNC Sekuritas ke-98. Hanya berselang sehari kemudian, MNC Sekuritas meresmikan GIS BEI IAIN Pontianak.

Peresmian GIS BEI IAIN Pontianak juga ditandai dengan seremoni pengguntingan pita dan penandatanganan piagam kerja sama (PKS) yang dilakukan oleh Rektor IAIN Pontianak DR. H. Hamka Siregar, M. Ag, Kepala Divisi Pengembangan Wilayah Bursa Efek Indonesia Harry Prasetyo dan Head of Equity Retail MNC Sekuritas Afen Tjhong.

MNC Sekuritas sangat aktif untuk membangun kerjasama dengan pihak kampus untuk mendirikan galeri investasi dengan tujuan untuk memberikan edukasi kepada mahasiswa dan civitas akademisi agar melek investasi dan pasar modal.

“Luasnya wilayah Indonesia tidak menutup potensi ekspansi pasar modal syariah karena MNC Sekuritas telah memiliki MNC Trade Syariah untuk mengakomodir transaksi saham berbasis syariah secara online,” kata Afen.

Saat ini, kata dia, sudah terdapat 12 sistem online trading syariah di BEI. Diharapkan, melalui sistem itu produk-produk di pasar modal berbasis syariah dapat lebih berkembang. Dengan peresmian GIS BEI IAIN Pontianak, MNC Sekuritas telah memiliki 99 point of sales, termasuk di antaranya 61 Galeri Investasi. Dari 61 Galeri Investasi MNC Sekuritas, 13 di antaranya adalah Galeri Investasi Syariah.

“Baru-baru ini pihak Bursa Efek Indonesia melakukan kunjungan ke Dubai Financial Market (DFM), satu-satunya pasar modal di dunia yang berprinsip syariah. Artinya, regulator juga serius dalam pengembangan pasar modal syariah di Tanah Air. MNC Sekuritas pun berkomitmen sama,” ujar Afen.

Menurut data Bursa Efek Indonesia, nilai kapitalisasi saham syariah per akhir September 2017 menanjak menjadi Rp 3.473 triliun. Dalam kurun waktu 5 tahun, angka tersebut meningkat 42% dari Rp 2.451 triliun pada tahun 2012. Selain itu, per September 2017, dari 556 saham yang ditransaksikan di BEI, sebanyak 343 saham di antaranya merupakan saham-saham berbasis syariah.

Jumlah investor saham syariah per September 2017 tercatat sebanyak 19.265 orang atau naik 57% dibandingkan 2016 yang berjumlah 12.283 orang. Sehingga, jumlah pangsa pasar investor syariah juga tumbuh 3,2% pada September 2017 dibandingkan 2016 yang sebesar 2,3%.

Dengan populasi penduduk Indonesia yang mencapai 261,115 juta jiwa, sebanyak 87% di antaranya atau 227,12 juta jiwa beragama Islam dan 65 persen di antaranya masih dalam usia produktif. Pasar modal syariah Indonesia tampaknya masih akan terus berkembang. Terbukti dari Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI) yang mengalami kenaikan mencapai 28,1% pada periode Juni 2016 hingga Juni 2017. (njs/dbs)

 

Responsive image
Other Article
gomuslim
Get it on the play store