:
:
News
Kembangkan Wisata Halal, Pemerintah Shizuoka Jepang Siap Bangun Mushala di Bandara

gomuslim.co.id- Pengembangan wisata halal kini sudah banyak dilakukan sejumlah Negara. Tidak hanya Indonesia, tetapi juga Negara lain yang justru mayoritas non muslim seperti Jepang. Setelah menjalin kerjasama dengan Pemerintah Provinsi Jawa Barat, Pemerintah Prefektur Shizuoka menyatakan semakin mantap mengembangan wisata halal di wilayahnya.

Gubernur Prefektur Shizuoka, Heita Kawakatsu, mengatakan pihaknya akan membangun sarana yang menunjang kebutuhan wisatawan muslim. "Pertama, kami akan membangun ruang ibadah (musala) di Mount Fuji Shizuoka Airport," kata Heita. 

Untuk merealisasikan hal tersebut, pihaknya pun telah menyosialisasikan syarat-syarat makanan dan minuman halal kepada para pengusaha tempat makan atau restoran di Shizuoka. Mereka didorong untuk menyajikan berbagai makanan halal dan mempromosikannya.

Selama ini diketahui, Shizuoka menjadi kawasan penghasil teh, sayuran, dan buah, di Jepang. Selain menu vegetarian, Jepang yang memiliki berbagai resep olahan ikan pun dapat menjadi alternatif makanan halal.

Peluang bisnis dengan menciptakan pariwisata halal di Shizuoka, katanya, semakin terbuka lebar dengan kerja sama yang akan dilakukan dalam progran sister province tersebut antara Shizuoka dengan Jawa Barat. Berbagai kerja sama dengan Jawa Barat dinilai akan meluaskan hubungan Shizuoka dengan masyarakat dan wisatawan muslim.

Menurut Heita, sektor pariwisata lokasi Gunung Fuji ini sedang berkembang pesat. Jumlah hotel di Shizuoka sendiri jumlahnya di atas 3.000, melebihi jumlah hitek di Ibukota Jepang Tokyo.

Lebih lanjut, ia menuturkan bahwa wisata halal saat ini semakin banyak diminati dan dibutuhkan wisatawan muslim. Ia mengatakan bahwa gaya berlibur muslim ini juga menjadi dambaan wisatawan lainnya karena termasuk wisata ramah keluarga.  

Awalnya Pemerintah Prefektur Shizuoka menjalin komunikasi dengan Shizuoka Muslim Association (SMA), yakni persatuan komunitas muslim di Shizuoka untuk mendiskusikan berbagai hal yang berkaitan dengan gaya hidup muslim. Heita mengatakan bahwa pihaknya banyak mendapat informasi dari SMA mengenai kebutuhan-kebutuhan warga atau wisatawan muslim saat berlibur. Karenanya, pihaknya pun segera mewujudkan sejumlah fasilitas untuk para wisatawan muslim di Shizuoka.

Sementara itu, Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan pun menyambut baik rencana Pemerintah Prefektur Shizuoka untuk membangun mushala di Bandara Mount Fuji Shizuoka dan pengembangan pariwisata halal di Shizuoka. "Semoga kerja sama ini bisa dikembangkan ke berbagai sektor dengan Shizuoka. Di antaranya untuk penerbangan dari Kertajati ke Shizuoka," katanya.

Sebelumnya, Jawa Barat dan Shizouka telah menandatangani Letter of Intent (LoI). Aher menuturkan penandatangan ini dilanjutkan dalam bentuk MoU untuk kerja sama di berbagai bidang, seperti pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM), ilmu pengetahuan dan teknologi, ekonomi, olahraga, pariwisata, serta bidang lainnya.

Kerjasama ini juga didukung Lembaga Persahabatan Indonesia Hamamatsu (LPIH) yang merupakan kumpulan mahasiswa Indonesia dan Jepang yang ada di Hamamatsu, salah satu kota di Prefektur Shizouka. (njs/tribunjabar/dbs/foto:vicc)

Responsive image
Other Article
Responsive image