:
:
News
Abraham Samad : Jihad Lawan Korupsi Harus Dimulai dengan Perbaikan Akhlak dan Integritas

gomuslim.co.id- Keberadaan kampus atau perguruan tinggi sangat penting untuk melahirkan pemimpin tangguh dan berintegritas di masa depan. Lembaga pendidikan termasuk kampus berbasis Islam perlu menjadi corong terdepan untuk memberikan pendidikan antikorupsi bagi mahasiswanya.

Mantan Ketua Umum Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Abraham Samad mengatakan bahwa Islam secara tegas melawan tindakan korupsi. Ia mengibaratkan perlawanan terhadap tindakan korupsi ini sebagai salah satu bentuk jihad.

“Jadi kita harus berjihad melawan korupsi. Tapi, sebelum kita mengarah ke sana maka yang paling penting untuk diperbaiki adalah akhlak dan integritas.  Karena lewat akhlak dan integritas ini akan tumbuh sosok-sosok generasi yang tangguh,” ujarnya kepada gomuslim saat acara bedah buku Metamorfosis Sandi Komunikasi Korupsi di UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Rabu (01/11/2017).

Ia menyembutkan jika generasi muda nantinya sudah tangguh dan sikap antikorupsi sudah kuat, maka akan terwujud seperti yang tertera dalam Alquran dengan istilah khairu ummah (umat yang terbaik).

Menurutnya, lewat pendidikan antikorupsi, akan lahir anak anak muda yang punya perilaku positif dan tidak menyimpang. Hal itu, kata dia, akan berimbas pada calon calon pemimpin indonesia masa depan.

“Karena kalau kampus menghasilkan generasi yang tangguh berintegritas maka pemimpin-pemimpin yang akan datang pun akan pemimpin-pemimpin yang punya kepribadian kuat dan tidak korup. Bukan seperti pemimpin yang sekarang (yang terjerat kasus korupsi). Itu yang kita harapkan,” katanya.

Untuk itu, ia berpesan kepada generasi muda untuk terus melawan korupsi dengan memulai dari diri sendiri. “Biasakan untuk selalu berprilaku yang positif, berakhlak, dan tidak menyimpang. Karena kalau kita sudah berprilaku yang tidak berakhlak, maka itu menjadi cikal bakal kita menjadi orang-orang yang korup,” tandasnya.

Sekadar informasi, acara bedah buku Metamorfosis Sandi Komunikasi Korupsi karya jurnalis Sabir Laluhu ini merupakan rangkaian dari Milad Fakultas Ilmu Dakwah dan Ilmu Komunikasi (FIDKOM) UIN Jakarta. Turut hadir narasumber di antaranya Guru Besar Ilmu Komunikasi, Prof. Andi Faisal Bakti, PhD., dan Ketua Bidang Advokasi YLBHI, M Isnur, S.H.I. (njs)

 

Responsive image
Other Article
gomuslim
Get it on the play store